SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-343 BREBESKU TERCINTA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-343 BREBESKU TERCINTA

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-343 BREBESKU TERCINTA

18 Januari 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin (18/01) di Gedung DPRD Kabupaten Brebes digelar hajat besar  Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Brebes ke-343 di tahun 2021 ini.  Acara dilaksanakan secara offline dan juga secara online via Zoom yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat dari Pejabat hingga  masyarakat umum.

Agenda dimulai dengan istighotsah, kemudian diikuti penyampaian hadiah kepada para juara perancang logo HUT Kabupaten Brebes, penyampaian ucapan selamat oleh Bupati,Wakil Bupati dan para mantan Bupati,Wakil Bupati sampai masyarakat. Dilanjutkan pembacacaan ringkasan Sejarah Brebes, sambutan Bupati dan diakhiri  dengan doa.

Banyak hal menarik dalam sejarah Brebes, pertama kata Brebes berasal dari nama Bara dan Basah yang berarti daerah yang selalu keluar air atau mengandung makna kesuburan. Kedua dari tahun 1678 hingga 2021 Brebes telah dipimpin oleh 30 adipati maupun Bupati dan ketiga  Idza Priyanti  yang menjadi Bupati ke-30  sekarang adalah pemimpin Wanita pertama di Brebes, luar biasa.

Brebes dibentuk berdasar Undang-undang No. 13 Tahun 1950 tentang pembentukan daerah-daerah Kabupaten. Kenapa Brebes ulang tahun setiap tanggal 18 Januari? karena pada Senin kliwon, 18 Januari 1678 Brebes dipisahkan dari wilayah Tegal dan menjadi Kabupaten tersendiri dengan Adipati Suralaya sebagai pimpinan pertamanya.

Idza Priyanti dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada para pendahulunya yang telah mendirikan dan membangun Brebes hingga seperti saat ini dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk lebih semangat dalam berkontribusi membangun Brebes sesuai bidang keahlian masing-masing.

Meski saat ini tengah diuji dengan Pandemi Covid-19, Idza senantiasa berikhtiar dengan berbagai upaya dan menghimbau warganya untuk jangan terlalu takut dan mengajak  bergandeng tangan dalam satu tekad untuk membangun Brebes dari kalangan eksekutif,legislatif dan masyarakat.

Pada HUT ke-343, Kabupaten Brebes mengusung tema Brebes Aman Covid-19, teteg, tutug dan Bangkit . Dimana Teteg berarti tegar, tabah dalam menghadapi pandemi Covid-19, Tutug berarti tuntas dalam menyelesaikan  pandemi dan segera Bangkit kembali untuk mengayuh roda pembangunan di berbagai sektor.

Banyak Penghargaan yang diperoleh Brebes antara lain Keterbukaan Informasi  Publik (KIP) tahun 2020 yang dimotori Dinkominfotik dan menjadi juara 5 kategori Menuju Informatif. Bawaslu sebagai lembaga baru mendapat peringkat ketiga dalam penilaian. Brebes juga memperoleh Penghargaan dari BPS RI karena dukungannya dalam Sensus penduduk 2020 (SP2020) sehingga target Sensus penduduk 2020 Online mencapai 128 persen dari target, memperoleh predikat WTP, Dan masih banyak penghargaan-penghargaan lainnya.

Semoga dengan Penghargaan tersebut menambah semangat dan menjadi lebih terpacu untuk membangun Brebes demi Kesejahtearaan masyarakatnya, tentu dengan pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Selamat Hari Jadi yang ke-343 Brebesku tercinta semoga dengan tekad dan semangat dari seluruh elemen, cita-cita Brebes tercapai. Semoga Teteg, Tutug Dan Bangkit menghadapai Ujian Pandemi Covid_19. Aamiiin...(Rex/Ka3329)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik