Serba-Serbi Pelatihan Daring SAKERNAS Februari 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Serba-Serbi Pelatihan Daring SAKERNAS Februari 2021

Serba-Serbi Pelatihan Daring SAKERNAS Februari 2021

28 Januari 2021 | Kegiatan Statistik


Dalam memandang suatu kejadian/peristiwa/moment, seringkali kita dihadapkan pada dua sudut pandang baik dari sisi positif maupun sisi negative. Dalam pelatihan yang dilakukan secara daring, dari sisi negatifnya, tak menampik bahwa masih banyak sekali kendala yang terjadi, disamping efektifnya suatu pelatihan yang menghemat waktu dan biaya. Berikut ini adalah serba-serbi pelatihan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Februari 2021 Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Brebes yang dilaksanakan secara daring.

BPS Kabupaten Brebes melaksanakan pelatihan Sakernas Februari 2021 selama dua hari, pada tanggal 25-26 Januari 2021. Pembukaan dan penutupan disampaikan langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Brebes, Prita Rextiana, sedangkan materi disampaikan oleh seorang Instruktur Daerah, Tri Purwaningrum yang merangkap juga sebagai peserta. Peserta pelatihan terdiri dari 4 organik dan 8 mitra, sehingga jumlah peserta pada pelatihan ini adalah 12.

Pelatihan daring dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting dan elearning BPS. Meskipun pelatihan dilaksanakan via zoom meeting yang sudah familiar digunakan oleh masyarakat, namun sinyal tetap menjadi kendala. Beberapa peserta tidak bisa mengikuti secara penuh pembelajaran daring, karena ter-logout dari kelas daring dan terjadi berulang-ulang. Selain itu, dikarenakan sinyal yang kurang baik, peserta tidak bisa mengikuti kuis di elearning dengan lancar.  Karena kuis memiliki rentang waktu dan hanya bisa dikerjakan sekali, maka saat peserta mengikuti kuis lalu jaringan mengalami gangguan, maka otomatis hasil apapun akan tetap terkirim sesuai rentang waktu yang ditentukan. Hasilnya, nilai kuis menjadi kurang memuaskan. Bagi peserta yang nilainya 0 karena kendala jaringan saat pertama kali masuk kuis, maka dipersilahkan mengulangi kuis pada saat kuis dibuka lagi oleh admin pusat.

Adapun masalah media yang digunakan untuk mengikuti kelas daring (yaitu lewat HP), peserta mengikuti pelatihan dengan kondisi layar yang kecil, sehingga peserta kurang nyaman dengan pelatihan yang dilaksanakan secara daring. Selain itu, peserta menjadi harus menonaktifkan video karena kondisi HP yang panas. Kondisi tersebut mengakibatkan penyampai materi atau instruktur daerah menjadi kesulitan memantau aktivitas peserta saat mengikuti pelatihan.

Meskipun berbagai kendala muncul, pelaksanaan pelatihan tetap harus berjalan. Usaha dan kerja sama dengan peserta harus dilakukan semaksimal mungkin. Hal tersebut dibuktikan dengan usaha peserta untuk mengikuti kuis dengan pergi ke sawah untuk mencari sinyal. Sedangkan peserta yang tidak dapat mengikuti pelatihan secara penuh, tetap berinisiasi dengan cara mempelajari sendiri materi paparan yang telah dibagikan sebelumnya dengan melihat kembali hasil rekaman pelatihan.

Segala serba-serbi tersebut menjadi bahan evaluasi dalam melaksanakan pelatihan selanjutnya. Harapan Pandemi Covid-19 segera berakhir, menjadi harapan seluruh peserta supaya ke depan pelatihan dapat dilakukan secara tatap muka. (Ros/TU)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik