Sisi Lain Survey KSA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Sisi Lain Survey KSA

Sisi Lain Survey KSA

24 Februari 2021 | Kegiatan Statistik


Seperti biasanya, setiap 7 (tujuh) hari terakhir di penghujung bulan, BPS Kabupaten Brebes melaksanakan estimasi luas panen dengan metode KSA (Kerangka Sampel Area). Survei ini dilaksanakan oleh pegawai maupun mitra yang ditugaskan. Selain sebagai media untuk memperoleh  data dan informasi pertanian tanaman pangan, berikut adalah beberapa sisi lain KSA.

KSA mengharuskan petugas pengumpul data untuk turun langsung ke segmen yang telah ditentukan titiknya. Untuk menuju ke titik tersebut, petugas pengumpul data diharuskan melalui medan dengan kondisi apapun demi mendapatkan data yang akurat. Tak terkecuali, Roselina sebagai petugas pendata KSA yang ditugaskan di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari.

Dalam melakukan pendataan KSA bulan Februari pada Rabu (23/02), Roselina dipantau langsung oleh Prita Rextiana selaku Kepala BPS Kabupaten Brebes. Prita Rextiana terjun langsung ke sawah untuk memantau pendataan KSA. Ia bersama petugas menyusuri sawah di tengah teriknya panas matahari siang pukul 10.30 WIB. Dalam pendataan ini, petugas diharuskan menempuh perjalanan kurang lebih 1 km  untuk menyelesaikan pendataan di 9 (sembilan) sub segmen.

Di musim penghujan ini, medan yang biasanya dapat dilalui dengan lancar, harus dilalui dengan perjuangan ekstra dan fokus penuh. Petugas harus melalui medan yang becek dan kondisi medan yang tidak terduga (hewan berbisa,  benda tajam, terpeleset dan berbagai rintangan lainnya). Namun dibalik perjuangan tersebut, tentunya ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan petugas pendata KSA, diantaranya petugas dapat berolahraga di sela-sela menjalankan tugas, sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, petugas dapat merasakan kenikmatan udara segar berupa oksigen yang nikmatnya tidak terukur. Sebagai orang yang tinggal di perkotaan, tentunya KSA memiliki esensi tersendiri, diantaranya adalah sebagai tempat rehat dari penatnya pekerjaan kantor dan sebagai obat tersendiri untuk mata yang lelah seharian memandang  layar monitor.

Selama melakukan perjalanan menyusuri sawah, dengan penuh rasa syukur, pendataan berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah yang berarti. Secara umum, fase padi yang teramati di Desa Pebatan, Kecamatan Wanasari dalam fase vegetatif. Sisi lain KSA tentunya adanya perjuangan dan manfaat. Dengan dikerjakannya KSA dengan suka cita, pastinya KSA tidak menjadi beban bagi petugas yang menjalankan melainkan suka hatinya terhadap pekerjaan yang ditugaskan terhadapnya. Harapan demi harapan, semoga data KSA dapat menjadi sumbang sih dari BPS untuk negara dalam  mewujudkan data pangan yang cepat dan akurat. (Ros/TU3329)  

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik