Listing Survei Hortikultura Potensi Kabupaten Brebes Tahun 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Listing Survei Hortikultura Potensi Kabupaten Brebes Tahun 2021

Listing Survei Hortikultura Potensi Kabupaten Brebes Tahun 2021

8 Maret 2021 | Kegiatan Statistik


Listing Survei Hortikultura Potensi atau disingkat SHOPI merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari survei ubinan tanaman hortikultara potensi yang terdiri dari 4 komoditas yaitu tanaman bawang merah, bawang putih, cabai besar dan cabai rawit. Ketiga komoditas selain bawang putih terdapat banyak di Kabupaten Brebes dan merupakan komoditas potensi. Tanaman tersebut terutama bawang merah merupakan penyumbang terbesar Produk Domestik Regional Bruto Kategori pertanian.

SHOPI merupakan salah satu survei bertujuan untuk mengetahui produktvitas (hasil per hektar) tanaman hortikultura (bawang merah, bawang putih, cabai besar dan cabai rawit) yang pelaksanaannya dilakukan dalam 3 triwualan, yaitu :

1. Triwulan 2 (periode April - Juni);

2. Triwulan 3 (periode Juli - September); dan

3. Triwulan 4 (periode Oktober - Desember)

Sebelum pelaksanaan pencacahan SHOPI, biasanya dilakukan tahapan listing atau pendaftaran rumahtangga yang dilakukan oleh petugas-petugas listing yang sebelumnya sudah dibekali materi dalam pelatihan listing SHOPI. Listing ini dilaksanakan pada akhir bulan menjelang periode triwulan. Kegiatan listing rumahtangga dilakukan untuk memperoleh daftar nama dan alamat rumahtangga yang lengkap dan mutakhir yang mengusahakan tanaman pangan serta memperoleh data perkiraan bulan panen pada periode triwulan.

Listing SHOPI yang dilakukan saat ini merupakan listing untuk persiapan survei SHOPI Triwulan 2 tahun 2021. Pelaksanaan listing dilaksanakan oleh petugas-petugas lapangan yang  telah dilatih yang seluruhnya mitra statistik dan diawasi oleh petugas pengawas/pemeriksa yang seluruhnya adalah organik BPS. Listing tidak dilakukan menggunakan dokumen kertas atau yang dikenal dengan istitah PAPI (Paper and Perncil Interviewing) tetapi menggunakan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing). Moda yang dipakai adalah HP Android yang biasa dimiliki pegawai dan mitra BPS. Biasanya mensyaratkan HP Android di atas Android 4.

Petugas yang bertugas sebanyak 31 orang yang terdiri dari 23 petugas pencacah non organik atau bukan pegawai BPS Kabupaten Brebes dan diawasi oleh 8 orang pengawas yang semuanya adalah organik atau pegawai BPS Kabupaten Brebes. Pengawas juga bertugas memeriksa dokumen yang telah dicacah oleh petugas pencacah yang sering disingkat PCS (Pencacah Survei). Diharapkan dengan diawasi secara ketat maka petugas tidak melakukan moral hazard atau hanya mengarang data. Data yang dikumpulkan harus benar-benar berasal dari lapangan. Selain itu dengan diperiksannya data maka diharapkan data yang dikumpulkan benar-benar konsisten dan memenuhi kualitas data BPS. Ini merupakan visi BPS yaitu “Penyedia Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”. Pengumpulan data dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan 25 Maret. Namun karena ada kendala pada Server pengolahan di BPS maka kegiatan  listing untuk sementara ditangguhkan penyelesaiannya sampai kondisi server pengolahan di BPS membaik.

Tahap selanjutnya setelah listing oleh petugas pencacah adalah pemeriksaan atau approval oleh petugas pengawas/pemeriksa. Hasil approval oleh pengawas/pemeriksa juga akan diperiksa lagi oleh supervisor kabupaten. Dengan pemeriksaan secara berjenjang diharapkan data yang dikumpulkan benar-benar akurat dan sesuai dengan keadaan di lapangan. (Nurdin_Pro3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik