(Belajar) Menjadi Master Of Ceremony (MC) Di Senin Bungah - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

(Belajar) Menjadi Master Of Ceremony (MC) Di Senin Bungah

(Belajar) Menjadi Master Of Ceremony (MC) Di Senin Bungah

15 Juni 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


  Master of Ceremony (MC) adalah pemimpin acara atau pemandu acara pada sebuah event.

Tak terasa kegiatan Senin Bungah yang digagas oleh BPS Kabupaten Brebes telah berjalan lama. Sebuah acara yang senantiasa ditunggu oleh segenap warga BPS Kabupaten Brebes karena pada acara itu semua pegawai bergembira sambil menunjukkan talenta masing-masing untuk bisa ditampilkan.

Tentunya banyak hal kocak dan menarik akan ditemui pada tiap kegiatan tersebut, It’s no problem, semakin gugup, nervous ataupun keringat dingin mengucur akan semakin membuktikan bahwa teman-teman BPS Kabupaten Brebes telah serius melakoninya.

Salah satu faktor yang memengaruhi kelancaran dan kemeriahan acara “Senin Bungah” adalah kepiawaian pembawa acara (MC). Semakin bagus MC membawakan acara akan semakin marak dan hidup acara Senin Bungah.

Sambil kita tetap saling belajar, tidak ada salahnya berikut beberapa tips untuk menjadi Pembawa Acara (MC) yang baik,  dirangkum dari berbagai sumber dan bisa digunakan kita semua:

1.    Percaya Diri

Seorang MC bertugas memimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia bawakan di hadapan umum, maka dari itu seorang MC harus memiliki

tingkat percaya diri yang tinggi. Seseorang dengan tingkat percaya diri yang tinggi akan lebih santai dan lancar saat berbicara di hadapan umum yang merupakan tugas dari seorang MC.

2.       Mampu beradaptasi dengan baik

Seorang MC harus pandai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.  Dengan adaptasi yang baik di lingkungan sekitar, para penonton yang hadir akan menilai baik pula.

3.       Pandai mengatur waktu

Dalam membawa acara, seorang MC harus membatasi tahapan-tahapan acara berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan agar acara berlangsung dengan waktu yang efisien.

4.       Memiliki etika yang baik

Seorang MC harus memiliki etika dan moral yang baik, terlebih tugasnya adalah membawa sebuah acara yang ditontonkan di hadapan banyak orang.

5.       Punya pengetahuan luas

Seorang MC juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat luas. Hal ini berguna untuk terus-menerus mencari topik pembicaraan agar tak kehabisan ide dalam memimpin sebuah acara.

6.       Banyak berlatih

Setelah beberapa kemampuan khusus seperti di atas telah dikuasai, maka langkah terakhir adalah mencoba praktik dan berlatih dengan rutin dan terjadwal. Semua ini dilakukan agar ketika membawakan sebuah acara yang sesungguhnya dapat berjalan baik dan lancar juga terhindar dari beberapa kesalahan.

(Bams/TU_3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik