Mengenal Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel (VHTS) - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Mengenal Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel (VHTS)

Mengenal Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel (VHTS)

16 Juli 2021 | Kegiatan Statistik


Pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor yang dijadikan prioritas pembangunan karena memiliki peranan cukup penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjukan bahwa kontribusi pariwisata terhadap PDB nasional terus meningkat sejak tahun 2004. Selain meningkatkan perekonomian, pariwisata juga dianggap telah meningkatkan devisa dan lapangan pekerjaan.

Untuk memberikan pelayanan yang terbaik di bidang akomodasi kepada wisatawan, maka perlu direncanakan dengan baik peningkatan atau penambahan jumlah kamar hotel dan akomodasi lainnya. Lama tinggal tamu hotel juga merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui seberapa tertarik para wisatawan terhadap daerah yang dikunjungi. Semakin lama wisatawan tinggal di suatu daerah dapat diartikan bahwa daerah tersebut diminati oleh wisatawan. Tingkat hunian kamar hotel juga berperan penting sebagai indikator kesuksesan hotel dalam menjual kamarnya. Semakin tinggi tingkat hunian berarti semakin banyak jumlah kamar yang bisa dijual.

Adanya kebutuhan wisatawan dan masyarakat dalam perkembangan usaha akomodasi seperti tingkat penghunian kamar hotel, jumlah tamu yang menginap, rata-rata lama tamu menginap, malam kamar terpakai, dan tingkat  pemakaian  tempat  tidur di Kabupaten Brebes, maka dianggap penting untuk menyediakan data statistik tersebut yang informatif, akurat dan lengkap. Untuk memenuhi hal tersebut Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan survei rutin yang  disebut Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel (VHTS).

Survei Tingkat Penghunian Kamar Hotel (VHTS) merupakan survei rutin yang dilakukan setiap bulan dimana respondennya adalah hotel bintang dan hotel non bintang. Untuk hotel bintang, dilakukan secara sensus, artinya seluruh hotel didata atau didatangi petugas pencacah. Sedangkan hotel non bintang dilakukan secara survei. Pengambilan sampel hoten non bintang dilakukan oleh BPS Provinsi. VHTS dilakukan oleh seluruh BPS Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia termasuk BPS Kabupaten Brebes. Pada tahun 2021 jumlah hotel di Kabupaten Brebes sebanyak empat belas hotel, dua di antaranya merupakan hotel bintang yaitu hotel Grand Dian dan hotel Dedy Jaya. Dari empat belas hotel tersebut  tujuh di antaranya menjadi sampel VHTS. Dua hotel merupakan hotel bintang karena hotel bintang disensus, sedangkan lainnya merupakan hotel non bintang.

Pengumpulan data dilakukan oleh petugas pencacah dengan membawa kuesioner VHTS setiap awal bulan ke hotel yang menjadi responden. Hasil pencacahan diberikan kepada petugas pemeriksa di BPS Kabupaten Brebes, dalam hal ini fungsi statistik distribusi yang bertugas  paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Setelah diperiksa proses selanjutnya adalah entri kuesioner VHTS. Proses entri dilakukan secara online melalui aplikasi yang sudah ditentukan oleh BPS RI. Kemudian pengolahan tahap selanjutnya dilakukan oleh BPS RI. (Fakhris/Dist_3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik