SALEMKU SAYANG PESONAMU MENGUNDANG - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

SALEMKU SAYANG PESONAMU MENGUNDANG

SALEMKU SAYANG PESONAMU MENGUNDANG

2 September 2021 | Kegiatan Statistik


Salem adalah sebuah kecamatan yang terkurung oleh deretan pegunungan. Merupakan wilayah yang dikelilingi perbukitan dan persawahan yang subur serta kawasan hutan pinus. Letak kecamatan Salem di Kabupaten Brebes, Jawa tengah. Sumber data Kecamatan Dalam Angka (KCA) Kecamatan Salem, kecamatan ini berada di sebelah barat daya ibukota Kabupaten Brebes dengan batas sebelah utara Kecamatan Ketanggungan dan Banjarharjo sebelah timur Kecamatan Bantarkawung sebelah selatan Kabupaten Cilacap sebelah barat Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan Data Kecamatan Dalam Angka 2021 (KCA) bersumber data Dinas Pertanian luas kecamatan Salem adalah 16.721,09 Ha yang terdiri dari luas sawah 2.315,75 Ha, lahan pertanian bukan sawah 13.734,27 Ha, dan lahan bukan pertanian 671,06 Ha. Dengan keindahan alam tersebut sudah tak heran lagi banyak orang yang mengenang dan tahu keindahan yang terpesona selain terdapat gunung kumbang  ada yang lebih menakjubkan puncak tertinggi di pegunungan Lio yang merupakan akses jalan menuju ibu kota Kabupaten Brebes. Menurut data KCA 2021 (sumber data Dukcapil) jumlah penduduk kecamatan Salem sebanyak 63.191 jiwa. Jumlah penduduk laki-laki sebanyak 32.050 jiwa (50,72%) dan jumlah penduduk perempuan sebanyak 31.141 jiwa (49,28%). Dalam sector ekonomi kecamatan Salem mempunyai potensi di sektor pertanian tanaman pangan, holtikultura, peternakan dan sector industri pengolahan pangan dan kerajinan.

Dalam bidang perekonomian pedesaan di kecamatan salem ada beberapa desa yang menjadi ikon prodok unggulan. Beberapa diantaranya batik tulis di desa Bentar, Bentarsari, dan Ciputih. Produksi kopi di desa Capar, Winduasri, Citimbang, dan Pasirpanjang. Madu lokal di desa Capar. Kerajinan anyaman bambu di desa Gunungtajem, Ganggawang, Bentar, Bentarsari, Ciputih. Untuk Makanan ringan, tape ketan ada di desa Banjaran dan Bentarsari.

Salah satu kegiatan BPS yang berkaitan dengan sector industri pedesaan adalah kegiatan Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) yang dilaksanakan dalam periode triwulanan dan tahunan. Tujuan survei ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan kegiatan ekonomi secara makro. Salah satu produksi unggulan selain batik tulis adalah anyaman bambu, dari hasil survei ini untuk anyaman bambu tentu tidak lepas dari sumber daya manusia (SDM). Hal ini dikarenakan kegiatan oprasional dalam kegiatan produksi tersebut dibutuhkan dan dilakukan dengan peralatan manual. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan dan keahlian dalam jenis bidang pekerjaan tersebut. Jika dikelola dengan baik, sektor ini mempunyai prospek yang cukup cerah dalam menyerap tenaga kerja yang lebih besar karena merupakan usaha yang berakar dari bakat keterampilan masyarakat setempat.

Pemerintah Kecamatan dan desa sekitar menginginkan adanya upaya pengolahan kawasan wisata yang lengkap baik alam, sosial budaya, kuliner, kerajinan dan tradisi. Sumber data Podes Kecamatan 2021 pada bulan juni 2021 diantaranya data daya Tarik wisata kecamatan Salem ada wisata budaya Ngasa yang berada di desa Gandoang, taman rekreasi Kubang Bali, Pasir Fores di desa Salem dan wisata alam kalibaya di desa pasirpanjang, Sarongge Hiil di desa Indrajaya, Taman Cimanggu di desa Gununglarang.

Kecamatan salem salah satu wilayah yang mempunyai sejarah dan petilasan diantaranya puncak tiga di desa Gunungtajem, Lulumpang dan Gunungjaya di desa Gunungjaya, Gunung Kumbang di Desa Ciputih dan Gunung Sagara di desa Gandoang.

Dengan pemanfaatan sumber alam dan lingkungan hidup dengan baik khususnya di Kecamatan Salem tentunya bermanfaat untuk membuat sesuatu yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan prinsip-prinsip keberlanjutan sehingga masyarakat senantiasa menjaga kelestarian alam dan sayang pada desanya. (Wahyuto_KSK salem)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik