Pelatihan Survei Khusus Tahunan (SKT) BPS Kabupaten Brebes 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Pelatihan Survei Khusus Tahunan (SKT) BPS Kabupaten Brebes 2022

Pelatihan Survei Khusus Tahunan (SKT) BPS Kabupaten Brebes 2022

19 Juli 2022 | Kegiatan Statistik


Brebes—Jumat, 15 Juli kemarin telah dilaksanakan pelatihan petugas untuk survei tahunan neraca konsumsi. Jika tahun lalu bernama survei khusus neraca konsumsi/pengeluaran maka tahun ini berubah menjadi survei khusus tahunan (SKT). Secara esensi tidak ada yang berubah. SKT tahun ini masih sama dengan tahun lalu yang berjumlah 8 (delapan) survei khusus, yaitu Survei Khusus Tabungan dan Investasi Rumah Tangga (SKTIR), Survei Khusus Lembaga Non Profit (SKLNP), Updating direktori LNPRT, Survei Khusus Perusahaan Swasta (SKPS), Survei Khusus Struktur Input Pemerintah (SKSIP), Survei Khusus Studi Penyusunan Perubahan Inventori (SKSPPI), Survei Matriks Arus Komoditas (SMAK), dan Survei Pembentukan Modal Tetap Bruto Dinas (PMTB-D). Survei-survei khusus tersebut bertujuan untuk menunjang kebutuhan data untuk penyusunan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Walaupun jumlah survei khusus pada SKT ini mencapai 8 jenis survei namun secara kuantitas responden tidak sebanyak survei-survei lainnya di BPS. Selain itu, responden yang disasar lebih fokus kepada dunia usaha. Sehingga keperluan petugas lapangan pun tidak banyak, dalam hal ini petugas yang dilatih sebanyak 4 (empat) petugas. Empat petugas ini tersebar di kantung-kantung utama Kabupaten Brebes yaitu, Brebes Utara satu petugas, Brebes Tengah dua petugas, dan Brebes Selatan satu petugas. Harapannya potret ekonomi akan tergambarkan dengan baik melalui persebaran petugas lapangan ini. Sementara itu untuk instruktur berasal dari Kabupaten Brebes sendiri satu orang.

Fokus responden sebagian besar merupakan dunia usaha dengan jumlah asset dan aktivitas ekonomi yang cukup besar sehingga dapat menggambarkan kondisi ekonomi secara umum. Contohnya SKPS, sampel survei khusus ini untuk Kabupaten Brebes hanya empat. Namun untuk menentukan dan menemukan responden yang tepat adalah suatu tantangan tersendiri. Selain itu pengisiannya pun membutuhkan kejelian, ketelitian, dan pemahaman konsep dan definisi yang baik terutama mengenai neraca keuangan. Oleh karena itu, pelatihan survei khusus menjadi suatu keniscayaan. Hal yang semestinya diselenggarakan mengingat isian kuesioner dan penentuan responden sangatlah kompleks.

Pelatihan dilaksanakan penuh selama 8 jam ditambah 1 jam istirahat bertempat di ruang aula BPS Kabupaten Brebes. Pelatihan dilaksanakan secara interaktif dan aplikatif. Pemahaman pengisian kuesioner dilaksanakan dengan cara mencoba langsung dan juga melihat langsung dokumen tahun sebelumnya sehingga para petugas dapat melihat gambaran jelas mengenai survei khusus ini.

Di samping itu semua, pelatihan merupakan perkara penting untuk penjaminan kualitas data di lapangan. Sehingga apapun kegiatannya baik itu sensus atapun survei dengan responden sedikit pun tetap harus dilakukan pelatihan atau minimal briefing. Pelatihan SKT 2022 telah dilaksanakan semoga data sebagai jenis kekayaan baru semakin baik dari sisi validitasnya. Menurut Presiden Jokowi data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan. Semoga kita semua sebagai insan BPS yang mengampu statistic dasar di Indonesia dapat secara professional, integritas, dan amanah dalam menjaga kualitas data. (MS/neraca)

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik