Sesusah Inikah Survei Industri? - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Sesusah Inikah Survei Industri?

Sesusah Inikah Survei Industri?

29 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Survei industri menengah dan besar merupakan salah satu survei yang dilaksankan oleh BPS Kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin baik bulanan maupun tahunan yang bertujuan untuk menghasilkan statistik industri manufaktur skala menengah dan besar. Sektor industri memegang peranan penting dalam Pembangunan daerah Kabupaten Brebes yang merupakan penyumbang PBRB urutan kedua pada triwulan I tahun 2024 setelah sektor pertanian yaitu sebesar 18,65 persen.

Untuk mendapatkan data industri menengah dan besar dibutuhkan pengalaman  dan effort yang lebih untuk bisa menembus masuk ke kantor perusahaan sebagai responden. Terutama perusahaan industri besar yang mempunyai banyak prosedur yang harus diikuti. Misalnya setiap tamu yang akan masuk harus lapor ke petugas satpam di pos jaga terdepan, ada juga yang menerapkan  pengamanan  sampai tiga lapis pos jaga baru bisa masuk ke kantor Perusahaan.

Narahubung atau istilahnya seseorang yang dapat dihubungi di perusahaan tersebut memegang peranan yang sangat penting untuk membuka jalan berhasilnya suatu survei industri. Membuat jadwal pertemuan antara pencacah dan narahubung lewat whatsApp merupakan langkah awal pencacah memulai kegiatan ini. Pada komunikasi awal ini disampaikan maksud kegiatan survei industri dengan bahasa yang santun dan penuh keakraban. Jika sudah ada respon dari narahubung dan sudah ditentukan jadwal kapan bisa ditemui  pencacah harus segera meresponnya. Hal ini dapat meningkatkan percaya diri petugas saat berada di pos satpam untuk menyampaikan ke petugas satpam  bahwa sudah ada janji akan bertemu narahubung yang bersangkutan. Tentunya petugas satpam akan meresponya dengan baik dan ramah selanjutnya mengantarkann ke kantor perusahan serta memberitahu kepada narahubung yang dimaksud.

Jika ada perusahaan besar baru yang harus dimasukan ke direktori perusahaan awal dan terkena sampel, maka pencacah yang tidak memiliki contact person perusahaan tersebut akan sangat sulit untuk masuk ke kantor Perusahaan. Walaupun pencacah sudah menunjukan surat tugas dan menjelaskan maksud kedatangannya tetap saja tidak diijinkan masuk oleh petugas satpam. Mungkin ini sudah menjadi prosedur perusahaan bahwa tamu yang berkunjung harus jelas siapa yang akan ditemui dan apakah sudah ada janji terlebih dahulu.  Jika tidak demikian ujung ujungnya dokumen mentok di pos satpam untuk ditinggal. Petugas satpam yang akan menyampaikannya ke kantor perusahaan dan pencacah hanya diberi nomor telepon perusahaan tanpa kepastian kapan perusahaan akan menanggapi survei tersebut.

Dapat disimpulkan kunci dalam melaksanakan survei industri menengah dan besar adalah komunikasi yang baik antara pencacah dengan narahubung perusahaan dan tak lupa diiringi dengan doa memohon pertolongan Allah SWT agar dimudahkan, dilancarkan dalam melaksanakan tugas yang mulia ini,Aamiin Yaa Robbal Aalamiin. (Rusno_3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik