EKSPOSE DATA STRATEGIS DAN PEMAHAMAN STATISTIK BPS KABUPATEN BREBES 2017 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

EKSPOSE DATA STRATEGIS DAN PEMAHAMAN STATISTIK BPS KABUPATEN BREBES 2017

EKSPOSE DATA STRATEGIS DAN PEMAHAMAN STATISTIK BPS KABUPATEN BREBES 2017

29 Desember 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


EKSPOSE DATA STRATEGIS DAN PEMAHAMAN STATISTIK

BPS KABUPATEN BREBES

(Memaknai Angka Statistik adalah sebuah Keniscayaan)

Oleh: Nur Laila, S.ST

Statistisi Muda BPS Kab. Brebes

 

 

Beberapa Indikator penting yang sering digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pembangunan adalah Angka Pertumbuhan Ekonomi, Angka IPM, Angka Kemiskinan, Angka Inflasi dan Angka Pengangguran yang dihasilkan oleh BPS. Data-data tersebut sudah seharusnya dipublish kepada stake holder sebagai perencana dan pelaksana pembangunan daerah. BPS Kabupaten Brebes bekerjasama dengan pemerintah daerah yaitu Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Brebes mengadakan Ekspose Data Strategis dan Pemahaman Statistik pada Hari Senin, 18 Desember 2017 bertempat di Hotel Grand Dian Brebes.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes, Emastoni Ezam, SH, MH, dengan dihadiri oleh empat puluh tiga peserta dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Kabupaten Brebes. Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Brebes menyampaikan bahwa BPS sebagai penyedia data statistik dasar dan Pemerintah Daerah sebagai penyedia data statistik sektoral harus bersinergi dalam mewujudkan data yang berkualitas serta berguna dalam  perencanaan dan evaluasi pembangunan. Karena data tersebut secara tidak langsung bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan IPM di Kabupaten Brebes yang dikenal sebagai daerah yang selalu menduduki rangking IPM paling buncit di Provinsi Jawa Tengah.

Kepala BPS Kabupaten Brebes, Muh.Saichudin, S.Si, M.Si, sebagai narasumber menyampaikan paparan lima data strategis BPS yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kemiskinan, Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Ketenagakerjaan. Sedangkan Kepala Bidang Informatika dan Statistik  Dinas Kominfotik Kabupaten Brebes, Gunarso, SH, bertindak sebagai moderator.

 

Dalam pendahuluannya Kepala BPS menyampaikan teori Statistik dan Parameter sebagai gambaran umum tentang metode yang digunakan BPS dalam beberapa pendataan yang dilakukan oleh BPS. Beliau juga menyampaikan sering terjadinya mutan statistik, yaitu kondisi data statistik sudah benar tetapi salah dalam memaknainya, sehingga memaknai angka statistik dengan benar adalah keniscayaan guna perencanaan pembangunan yang tepat sasaran.

Dalam sesi tanya jawab beberapa pertanyaan yang mengemuka antara lain terkait angka kemiskinan di Kabupaten Brebes yang masih cukup tinggi sedangkan pertumbuhan ekonomi cenderung naik. Dan data BPS tentang pembagian program rastra di Kabupaten Brebes masih dinikmati oleh warga kelas menengah keatas.

Menjawab pertanyaan tersebut Kepala BPS menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Brebes, mungkin tidak dinikmati oleh warga secara langsung sehingga belum mampu meningkatkan perekonomian warga Kabupaten Brebes. Sebagai contoh pembangunan jalan tol di Kabupaten Brebes tahun 2016 meningkatkan PDRB Kabupaten Brebes dari sektor konstruksi, tetapi keberadaan jalan tol tersebut ternyata tidak signifikan meningkatkan perekonomian warga, salah satunya pengerjaan proyek pembangunan jalan tol yang tidak melibatkan warga sehingga tidak mempengaruhi penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Brebes.

Kemudian mengenai data BPS yang menyebutkan masih adanya program bantuan rastra yang belum tepat sasaran, Kepala BPS menyatakan berdasarkan data hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Agustus 2016 yang dilakukan oleh BPS diketahui bahwa 7,40 persen warga pada desil sepuluh masih menikmati program rastra. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian penerima program rastra adalah warga kelas menengah atas yang seharusnya tidak berhak menerima program bantuan tersebut.

Kepala BPS juga menyampaikan inovasi BPS dalam meningkatkan pelayanan data statistik. BPS RI telah merilis aplikasi berbasis smartphone android yang menyediakan berbagai fitur untuk mengakses ragam produk BPS dengan mudah. Aplikasi bernama AllStats ini mempunyai konten lebih dari seratus ribu publikasi, enam puluh ribu Berita Resmi Statistik, enam puluh ribu tabel statistik terangkum menjadi satu di dalamnya. Satu lagi inovasi dari BPS Provinsi Jawa Tengah yaitu aplikasi One Touch Statistics (OTS) Jawa Tengah yang juga merupakan aplikasi mobile yang berisi data-data strategis dan terkini Jawa Tengah hingga level Kabupaten/Kota. Dengan dua aplikasi berbasis smartphone android tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan stake holder dalam kemudahan mengakses data di era keterbukaan informasi saat ini.

Di akhir acara semua peserta berharap ada forum lanjutan sebagai bentuk sinergi dan koordinasi dalam pengelolaan data statistik sehingga perencanaan dan evaluasi pembangunan dapat berjalan lancar dan tepat sasaran.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik