Penyampaian Data Strategis Kabupaten Brebes Tahun 2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Penyampaian Data Strategis Kabupaten Brebes Tahun 2020

Penyampaian Data Strategis Kabupaten Brebes Tahun 2020

21 Desember 2020 | Kegiatan Statistik


Senin, 21 Desember 2020, bertempat di Pendopo Kabupaten Brebes, Kepala BPS Kabupaten Brebes berkesempatan untuk menyampaikan Data stategis Kabupaten Brebes Tahun 2020, yaitu Data Kemiskinan dan IPM Kabupaten Brebes. Kepala BPS Kabupaten Brebes beserta jajarannya mendapat sambutan hangat dari Bupati Brebes. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati, Sekda, para Asisten, Kepala Bappeda dan kepala SKPD terkait. Pada kesempatan pertama Kepala BPS Kabupaten Brebes, Dra.Prita Rextiana, M.M, menyampaikan data kemiskinan Kabupaten Brebes. Pada paparan tersebut disampaikan bahwa angka kemiskinan Kabupaten Brebes pada tahun ini mengalami kenaikan dari 16,22 persen menjadi 17,03 persen.

Kenaikan tersebut utamanya disebabkan oleh kondisi perekonomian yang semakin memburuk dan kenaikan garis kemiskinan (GK) tahun 2020 dari sebesar Rp431.897,- pada tahun 2019 menjadi Rp414.642,- pada tahun 2020. Selain itu kondisi penduduk miskin Kabupaten Brebes juga cukup mengkhawatirkan karena Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) dan Indeks keparahan kemiskinan (P2) mengalami kenaikan. Kenaikan P1 ini menunjukkan bahwa penduduk miskin di Kabupaten Brebes semakin terperosok jauh di bawah garis kemiskinan.  Selain itu, kenaikan P2 juga menunjukkan bahwa variasi pendapatan (kemampuan ekonomi) di antara penduduk miskin semakin tidak merata. Tentunya hal ini menjadi PR besar bagi pemerintah dalam upaya menurunkan kemiskinan di Kabupaten Brebes.

Pada sesi kedua dilanjutkan dengan penyampain Data IPM oleh Kepala Seksi Nerwilis, Suwardi, SE. IPM Kabupaten Brebes mengalami penurunan sebesar 0,01 poin dari 66,12 pada tahun 2019 menjadi 66,11 pada tahun 2020. Dari tiga komponen pembentuk IPM, komponen pengeluaran perkapita masyarakat menjadi pemicu utama penurunan IPM tahun ini. Sedangkan tiga komponen lainnya (Usia Harapan Hidup, Harapan Lama Sekolah dan Rata-rata Lama Sekolah) justru mengalami kenaikan, yang artinya menjadi faktor pendukung peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wabah Covid-19 yang melanda sejak awal Maret 2020, telah menekan kondisi ekonomi dan berdampak pada menurunnya sebagian besar pendapatan penduduk Kabupaten Brebes. Hal ini juga berimbas pada menurunnya pengeluaran rumah tangga secara umum, sehingga berdampak pada penurunan IPM.

Dua topik ini membawa peserta pada diskusi yang cukup “gayeng” dalam rangka mencari solusi bersama sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan IPM Kabupaten Brebes. Berbagai masukan dan saran diutarakan oleh beberapa kepala SKPD sebagai wujud semangat membenahi kondisi yang sedang dihadapi pemerintah saat ini.  Acara ditutup dengan closing statement dari Bupati Brebes. Bupati mengajak seluruh jajarannya untuk bertekad bersama merumuskan segala kebijakan dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan IPM menuju masyatakat Kabupaten Brebes yang lebih sejahtera.

Sebelum penutupan, Kepala BPS Kabupaten Brebes juga berkesempatan untuk menyampaikan piagam penghargaan atas Capaian Respon Rate SP Online di Kabupaten Brebes yang berhasil melampaui target. Dilanjutkan dengan penyerahan Publikasi Hasil Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19 Brebes 2020. (Laila/IPDS3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik