BPS : SUSENAS 2018 BERAKSI KEMBALI - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

BPS : SUSENAS 2018 BERAKSI KEMBALI

BPS : SUSENAS 2018 BERAKSI KEMBALI

12 April 2018 | Kegiatan Statistik


Badan Pusat Statistik (BPS) beraksi kembali dengan kegiatan Survei Ekonomi Nasional (SUSENAS) yang dilaksakan rutin setiap tahunnya selama 2 kali yaitu pada bulan Maret dan September. SUSENAS dianggap sebagai primadona survei oleh BPS karena banyak data yang dihasilkan oleh survei tersebut.

Kegiatan SUSENAS bertujuan untuk mendapatkan data tingkat kesejaterahan sosial ekonomi masyarakat mulai dari pendidikan, kesehatan, perumahan dan kondisi sosial ekonomi lainnya. Bidang ekonomi termasuk salah satu bidang yang cukup menarik perhatian, karena terdapat beberapa aspek yang digunakan untuk mengukur tingkat kemiskinan suatu wilayah berdasarkan garis kemiskinan. 

Kegiatan SUSENAS dilakukan melalui beberapa tahapan, diantaranya adalah tahap Updating data Blok Sensus (BS) yaitu melakukan pengecekan terkait data responden misalnya seperti apakah terdapat penambahan atau pengurangan jumlah ruta. Tahap tersebut sekaligus juga bertujuan agar petugas pendata SUSENAS mengenal batas-batas BS. Tahap kedua yaitu pencacahan atau pendataan yang dilaksanakan serempak pada tanggal 1-20 Maret 2018 oleh BPS diseluruh Indonesia. BPS Kabupaten Brebes sendiri menerjunkan sebanyak 78 petugas pendata SUSENAS yang menangani 96 BS terdiri dari 10 rumah tangga (ruta) setiap bloknya dan tersebar di 17 Kecamatan. Tahap ketiga yaitu pengolahan data.

Sebelumnya, petugas pendataan SUSENAS mengikuti pelatihan selama 3 hari secara efektif dengan harapan dapat melakukan pendataan yang tepat dan akurat sesuai dengan kondisi di lapangan. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik antara petugas pendataan, pengawas, aparat dilingkungan kerja dan seluruh responden.  

Setelah pengumpulan data SUSENAS Maret 2018 selesai, BPS selanjutnya bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (KEMENKES) dalam pelaksanaan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik