MARI MENGENAL SURVEI-SURVEI BPS - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

MARI MENGENAL SURVEI-SURVEI BPS

MARI MENGENAL SURVEI-SURVEI BPS

7 Mei 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Memasuki pertengahan tahun 2018 BPS Kabupaten Brebes kembali disibukkan dengan rutinitas beragam survei, baik survei terhadap pengumpulan data primer maupun pengumpulan data skunder. Kegiatan survei yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Brebes diawali dengan pelatihan petugas, baik petugas mitra maupun pegawai organik BPS untuk menyatukan kesamaan konsep dan definisi. Sehingga diharapkan dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi di lapangan.

      Pengumpulan data primer adalah survei yang dilakukan secara langsung oleh BPS sejak mulai tahap perencanaan, penyusunan kuesioner, pelatihan petugas pendata, wawancara langsung terhadap responden, pengolahan data dan validasi, hingga tahap analisis data. Contoh survei ini seperti: Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), Survei Tenaga Kerja Nasional (SAKERNAS), Survei Pertanian Antar Sensus (SUTAS), Survei Potensi Desa (PODES), Survei Demografi dan Kependudukan Indonesia (SDKI), Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK), Survei Tanaman Pangan dengan Metode Kerangka Sampel Area (KSA), Survei Konversi Gabah Beras (SKGB), Survei Ubinan, Survei Tendensi Konsumen (STK), Survei Matriks Arus Komoditas (SMAK), Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK), Survei Harga Konsumen (HK), Survei Harga Produsen, Survei Industri Besar Sedang (IBS) dan lain-lain.  

Sedangkan pengumpulan data sekunder merupakan kegiatan survei yang dilakukan BPS untuk mengumpulkan data-data yang diperoleh dari instansi/dinas terkait. Contoh survei ini seperti : Survei Penyusunan Disagregasi PMTB dengan sampel instansi/dinas, Survei Statistik Keuangan BUMD, Survei Statistik Keuangan Desa, Pengumpulan Data Monografi Desa, Survei yang dilakukan untuk keperluan penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA), dan lain-lain. Disamping itu ada pula survei-survei khusus yang dilakukan dengan tujuan untuk membantu penghitungan PDRB, seperti Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga (SKKRT), Survei Khusus Neraca Produksi (SKNP), SKNP Sektor Barang, Survei Khusus Sektor Jasa (SKSJ), Survei Khusus Neraca Arus Material, Survei Khusus Tabungan Investasi Rumah Tangga (SKTIR), Survei Khusus Perusahaan Swasta (SKPS), Survei Khusus Studi Penyusunan Stok Kapital (SKSSK), Survei Khusus Lembaga Non Profit (SKLNP), dan lain-lain.

Selama bulan Maret-Juli 2018 BPS Kabupaten Brebes melaksanakan survei yang menjadi primadona BPS, diantaranya seperti SUSENAS, SUTAS, PODES, SKGB, dan Survei Disagregasi PMTB, disamping survei-survei rutin lainnya baik survei yang dilaksanakan secara mingguan, bulanan, triwulanan maupun tahunan. Agar lebih memahami kelima survei tersebut yang menjadi primadona BPS tahun ini, berikut akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

1.    SUSENAS, merupakan survei BPS yang mengumpulkan data berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat meliputi pendidikan, kesehatan, perumahan, fertilitas, keluarga berencana, dan kondisi sosial ekonomi lainnya. Pencacahan Susenas dilaksanakan secara semesteran, yaitu pada bulan Maret dan September. Pencacahan Susenas pada bulan Maret dengan jumlah sampel yang lebih besar menghasilkan data yang representatif untuk estimasi hingga tingkat kabupaten/kota, sedangkan pencacahan bulan September dengan jumlah sampel yang relatif lebih kecil menghasilkan data yang representatif untuk estimasi tingkat provinsi dan nasional. Responden Susenas adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random) dengan metode sampling yang sudah ditentukan. Jumlah sampel Susenas Maret sebanyak 96 blok sensus (960 rumah tangga), sedangkan jumlah sampel Susenas September sebanyak 24 blok sensus (240 rumah tangga) yang tersebar merata di seluruh wilayah Kabupaten Brebes. Data yang dikumpulkan dari Susenas menghasilkan indikator seperti angka kemiskinan, Gini Ratio, Indeks Kedalaman Kemiskinan, Indeks Keparahan Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Angka Partisipasi Sekolah, Angka Melek Huruf, dan indikator sosial ekonomi lainnya.

2.    SUTAS, merupakan survei pertanian antar sensus yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan usaha pertanian sangat cepat mengikuti perkembangan teknologi, perubahan musim, dan harga. SUTAS 2018 bermanfaat untuk mendapatkan fenomena perubahan usaha pertanian tahun 2013 dan 2018, populasi rumah tangga usaha pertanian menurut subsektor, proyeksi populasi ternak, dan perencanaan survei pertanian lainnya sebelum pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2023 mendatang. SUTAS 2018 dilakukan di 34 provinsi di wilayah NKRI dengan jumlah sampel sebanyak 55.679 blok sensus terpilih dan hanya mencakup rumah tangga usaha pertanian. Sementara jumlah sampel SUTAS di Kabupaten Brebes sebanyak 179 blok sensus terpilih dan hanya mencakup rumah tangga usaha pertanian terpilih.

3.    PODES, merupakan pendataan potensi desa yang berbasis kewilayahan. Pendataan PODES dilakukan di seluruh wilayah Indonesia hingga tingkat desa/kelurahan dan dilaksanakan tiga kali dalam sepuluh tahun, yaitu setiap dua tahun menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk, Sensus Ekonomi, dan Sensus Pertanian. PODES menyajikan data potensi desa/kelurahan sebagai bahan penyusunan statistik wilayah terkecil dan penyusunan analisis serta kebijakan terkait kewilayahan. Data yang dikumpulkan dari pendataan PODES menghasilkan indikator seperti Indeks Kesulitan Geografis (IKG), juga dapat digunakan untuk mengevaluasi pembangunan desa dan dana desa yang telah diberikan oleh pemerintah pusat. Responden PODES mencakup seluruh kepala desa/kelurahan, camat, dan sekretaris daerah (Sekda).

4.    SKGB, merupakan salah satu survei pertanian yang menghitung data produksi pangan dalam bentuk beras. Penghitungan produksi beras dilakukan dengan menggunakan angka konversi Gabah Kering Giling (GKG) ke beras. SKGB dilakukan di 34 provinsi dalam dua tahap, yaitu Tahap 1 pada bulan Maret-April 2018 mewakili musim hujan dan Tahap 2 pada bulan Mei-Agustus mewakili musim kemarau. Kabupaten Brebes menjadi salah satu dari 251 kabupaten di Indonesia yang menjadi sampel SKGB. SKGB sangat diperlukan pemerintah dalam perumusan kebijakan pangan nasional.

5.    Survei Penyusunan Disagregasi PMTB, merupakan survei yang bertujuan untuk memperoleh gambaran PMTB menurut jenis barang modal, lapangan usaha, dan sektor instistusi, serta meningkatkan kualitas data necara nasional terkait investasi fisik. Responden yang menjadi sampel kegiatan ini mencakup seluruh sektor institusi seperti pemerintah/instansi, perusahaan/industri, lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT), dan rumah tangga dalam wilayah NKRI. Pendataan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2018 dilaksanakan di 34 provinsi yang meliputi 514 kabupaten/kota selama 1 April sampai 30 Juni 2018. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan data rinci terkait penambahan dan pengurangan barang modal menurut jenis aset tetap, sektor institusi, dan lapangan usaha sebagai dasar untuk perumusan berbagai kebijakan dan analisis investasi secara makro maupun mikro. Juga digunakan sebagai sumber data dalam penyusunan stok capital yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik