Sri Gunadi: DP3KB Kabupaten Brebes Siap Menyukseskan Pelaksanaan SP2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Sri Gunadi: DP3KB Kabupaten Brebes Siap Menyukseskan Pelaksanaan SP2020

Sri Gunadi: DP3KB Kabupaten Brebes Siap Menyukseskan Pelaksanaan SP2020

31 Oktober 2019 | Kegiatan Statistik


Brebes, BPS Kabupaten Brebes – Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes, dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes mengatakan bahwa DP3KB Kabupaten Brebes siap membantu menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang akan dilaksanakan secara online pada bulan Februari dan Maret tahun 2020.

“Sosialisasi itu harus melibatkan semua potensi yang ada untuk mendongkrak target jadi harus merangkul semuanya,” kata Sri Gunadi di kantor DP3KB Brebes, Rabu (30/10).

DP3KB sendiri memiliki kader sampai level Rukun   Warga (RW). Hal ini merupakan potensi yang sangat besar dalam menyukseskan kegiatan sensus online. Melalui para kader ini diharapkan informasi tentang     pelaksanaan sensus online pada 15 Februari – 31 Maret 2020 sampai kepada masyarakat secara merata.

“Terkait koordinasi sensus penduduk kita kali ini beda metodenya. Pertama kali dibanding enam sensus sebelumnya. Ini bukan door to door didata satu-satu tapi ada yang didahului dengan yang namanya sensus online. Ketika sosialisasi ini tidak sampai ke segmentasi paling bawah orang gak tahu apa tuh online,” kata Martin Suanta di kantor DP3KB Brebes.

SP2020 tidak seperti sensus sebelumnya yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dimana metode pengumpulan data dilakukan secara tradisional: petugas sensus mengunjungi satu persatu penduduk dan mencatatnya secara manual. Sensus Penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi yaitu dengan menggunakan data registrasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai data dasar.

Melalui kemajuan teknologi hari ini, sensus online menjadi suatu keniscayaan. Namun permasalahan terbesar adalah bagaimana informasi mengenai sensus online ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Selain itu masyarakat secara sadar dan sukarela mencatat mandiri identitas kependudukannya.

Oleh karena itu Kepala BPS Kabupaten Brebes, Martin Suanta, S.E, M.Si berusaha semaksimal mungkin melakukan   sosialisasi ke semua instansi yang berada di wilayah Kabupaten Brebes. Hal ini bertujuan untuk minimal memperkenalkan sensus online kepada berbagai instansi. Diharapkan dari sana informasi mengenai sensus online dapat sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan pegawai negeri dimanapun berada diharapkan menjadi agen sensus  minimal untuk keluarganya sendiri.

Melalui silaturahim sekaligus pengenalan sensus online singkat ini DP3KB Kabupaten Brebes mempersilakan seluas-luasnya bagi BPS Kabupaten Brebes untuk menyampaikan tentang sensus online pada kegiatan DP3KB mendatang.  Salah satu kegiatan yang dicanangkan adalah pertemuan seluruh kader DP3KB di seluruh kecamatan di Brebes. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi BPS dalam mensosialisasikan kegiatan sensus onlinenya.

Semoga dari silaturahim singkat ini harapan BPS untuk memenuhi target sensus online dapat tercapai bahkan melampauinya, aamiin. (Mila/Sie. Nerwilis)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik