Matching Data SLS, Ikhtiar Memperbaiki Data SLS Kependudukan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Matching Data SLS, Ikhtiar Memperbaiki Data SLS Kependudukan

Matching Data SLS, Ikhtiar Memperbaiki Data SLS Kependudukan

22 November 2019 | Kegiatan Statistik


Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sudah semakin dekat. Semakin memasuki akhir tahun 2019 kegiatan persiapan SP2020 semakin bergelora dan dinamis. Saat ini (akhir bulan November 2019) BPS disibukkan dengan kegiatan Matching Data SLS.  Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan SP2020 diawali dengan kegiatan pemetaan wilayah statistik pada bulan April-Mei 2019, BPS telah memetakan wilayah kerja untuk SP2020 sekaligus mendapatkan data SLS (Statuan Lingkungan Setempat, seperti RT/RW) terbaru keadaan semester I 2019.

Dengan mengusung Combine Method dalam SP2020 ini maka sinkronisasi data SLS hasil pemetaan dengan fakta SLS hasil dari perekaman data Adminduk Disdukcapil menjadi sebuah keharusan. Matching Data SLS ini bertujuan untuk kepentingan pembuatan Daftar Penduduk (DP) yaitu suatu daftar SLS yang didalamnya terdapat data penduduk.

Dari hasil pengecekan lapangan, ternyata masih ditemui banyak ketidakcocokan (unmatch) SLS antara hasil pemetaan dengan SLS yang ada di daftar adminduk. Untuk Kabupaten Brebes masih terdapat sekitar 5.514 KK yang masih unmatched, artinya terdapat 5.514 KK yang identitas SLS-nya (menurut SLS Disduk) berbeda dengan SLS hasil Pemetaan BPS. Penyebab perbedaan ini bisa berbagai hal seperti adanya data SLS lama sebelum pembaharuan, terjadinya kesalahan SLS pada waktu pemetaan dan lainnya.

Sebagai contoh yang terjadi di Desa Karangdempel Kecamatan Losari, terdapat 702 KK unmatched. Setelah dilakukan penelusuran ternyata penyebabnya adalah adanya pembaharuan nama SLS, sementara di identitas penduduk nama SLS masih menggunakan SLS yang lama. Berbeda dengan keadaan di Jemasih, penyebab terbanyak adalah terdapatnya kesalahan penentuan identitas SLS pada saat pemetaan.

Jika Matching data SLS ini berjalan dengan baik dan aparat desa bisa mengkonfirmasi penyebab perbedaan SLS, maka kelak pada saat SP2020 Wawancara daftar penduduk menjadi baik sesuai dengan SLS domisili keadaan terbaru sehingga akan memudahkan petugas pewawancara dalam melakukan peneluruan keberadaan keluarga/penduduk. Efek kelanjutannya adalah cakupan sensus penduduk menjadi lebih tinggi karena resiko terlewat cacah menjadi sangat kecil. (AJY, Sie Stat Sosial)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik