Rakorda Jateng “Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan” - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Rakorda Jateng “Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan”

Rakorda Jateng “Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan”

13 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


Senin (9/12), BPS Provinsi Jawa Tengah, menggelar acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Persiapan SP2020 Provinsi Jawa Tengah. Acara yang bertempat di Hotel Best Western Premier Solo Baru itu, dihadiri oleh Wakil Gubernur H. Taj Yasin Maimoen sekaligus berkenan membuka acara Rakorda didampingi Sentot Bangun Widoyono, MA, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah.

Rakorda dengan tema “Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan” kali ini dihadiri oleh kurang lebih 600 peserta yang terdiri dari perwakilan BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah (Pejabat struktural, Ketua DWP, Ketua Mako dan Admin Medsos), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah yang berasal dari Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat. Dalam  kesempatan tersebut H. Taj Yasin Maimoen menekankan pentingnya dukungan dari seluruh OPD yang hadir untuk turut serta mensukseskan SP2020. Tanpa kolaborasi BPS dan OPD se-Jawa Tengah cita-cita mewujudkan satu Data Kependudukan tidak akan terwujud. Dukungan tersebut dituangkan dalam penandatanganan komitmen dukungan dan pernyataan dukungan bersama yang menutup sesi siang pada Rakorda kali ini.

Pembukaan Rakorda berlangsung meriah dengan  tampilnya persembahan teater dengan judul “Sensus di Negeri Spekta. Cerita negeri Spekta dikemas dengan sangat menarik. Diawali dengan narasi bahwa negeri Spekta adalah negeri yang sangat makmur, tetapi akhir-akhir ini kemakmuran itu ‘sedikit’ terganggu. “Wahai para punggawaku, ada hal apakah sehingga kalian terlihat bermuram durja?” Raja Spekta menyatakan keingintahuannya.

Punggawa Negeri Spekta langsung melaporkan apa yang sedang terjadi di Negeri Spekta. Punggawa Negeri barat melaporkan bahwa sedang ada masalah kekeringan, disusul negeri timur dengan masalah kekurangan pangannya, Negeri Utara begitu banyak yang tidak mengenyam pendidikan karena fasilitas sekolah yang kurang. Di akhir cerita munculah Pangeran dan temannya (Bung Itung) yang menawarkan solusi yaitu bahwa Negeri Spekta harus melakukan Sensus Penduduk untuk mendata di penjuru negeri sehingga masalah menjadi jelas.

Dari cerita Sensus di Negeri Spekta  dapat diambil pelajaran bahwa seringkali permasalahan suatu daerah menjadi pelik jika hanya dilihat masalahnya, tetapi sebenarnya masalah akan menjadi  lebih “mudah” dicari solusinya setelah dilakukan sensus (Pendataan). Dengan dilakukan Sensus maka penyebab permasalahan bisa diurai dan dipilah lebih rinci hingga memudahkan untuk melakukan intervensi kebijakan penyelesaian masalah tersebut.

“Data itu mahal, tetapi membangun tanpa data akan jauh lebih mahal”. Maka semangat koordinasi SP2020 BPS dan OPD terkait ini menemukan alasannya, yaitu berkolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan satu data kependudukan Indonesia yang lebih baik hingga perencanaan pembangunan ke depan menjadi lebih efektif dan efiesien. (Laila-AJY/Sie IPDS-Sosial).

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik