Workshop Penyusunan Tabel Input Output Provinsi Jawa Tengah 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Workshop Penyusunan Tabel Input Output Provinsi Jawa Tengah 2019

Workshop Penyusunan Tabel Input Output Provinsi Jawa Tengah 2019

13 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


Kegiatan BPS selain melakukan pelatihan petugas sensus dan survei, juga mengadakan pelatihan tentang bagaimana cara menghitung Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang dihasilkan oleh suatu wilayah. Pada tanggal 3-7 Desember 2019 BPS Provinsi Jawa Tengah mengadakan Workshop Penyusunan Tabel Input Output sebagai langkah awal penghitungan angka PDRB yang bertempat di Hotel Grand Edge, Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kepala seksi neraca wilayah dan analisis statistik dan atau staf yang mewakili dari seluruh kabupaten/ kota di Provinsi Jawa Tengah.

 

Ada hal yang berbeda pada kegiatan kali ini, selain pemberian materi penghitungan PDRB dimana peserta dituntut serius, kegiatan ini juga mengundang motivator pendidikan yaitu Bapak Joko Winarso, M.Pd yang mengusung motivasi kehidupan dengan tema “Menggapai Hidup Berkah”. Pemberian motivasi kehidupan ini diharapkan peserta dapat memaknai hidup dan mensyukuri apapun yang sudah menjadi takdir hidup manusia. Selain itu juga mengundang widyaiswara dari Pusdiklat BPS RI, yaitu Ibu Ir. Sri Sayekti, M.Si beserta stafnya, Arby Setiawan, untuk menjelaskan materi tentang Indikator Strategis, membaca tabel, dan bagaimana membuat grafik dengan aplikasi Highchart.

 

Tujuan diadakan Workshop Penyusunan Tabel Input Output adalah untuk menyamakan teori penghitungan PDRB dan me-refresh kembali proses penyusunan Tabel Persediaan dan Penggunaan atau yang sering dikenal dengan Tabel Input Output, guna mempersiapkan penyusunan PDRB secara triwulanan.

 

Untuk memperoleh angka PDRB tidaklah mudah, namun dilakukan dengan proses yang cukup panjang, yaitu dimulai dengan penyusunan Tabel Persediaan dan Penggunaan  (Supply and Use Table/SUT). Penyusunan Tabel Persediaan (Supply) dilakukan dengan menghitung nilai keseluruhan produk yang dihasilkan dari 17 lapangan usaha, yaitu  lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan hingga jasa-jasa. Data tersebut diperoleh dari data primer yang tersedia maupun data skunder dari instansi atau dinas terkait.

 

Selanjutnya dilakukan Penyusunan Tabel Penggunaan (Use), yaitu dengan cara menghitung keseluruhan pengeluaran yang telah dikonsumsi oleh rumah tangga, pemerintah,  lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT), Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), perubahan inventori, maupun ekspor-impor. Secara teori hasil penghitungan antara Tabel Persediaan (Supply) seharusnya sama dengan Tabel Penggunaan (Use).

 

Apabila Tabel Persediaan (Supply) telah tersusun maka terbentuklah PDRB menurut Lapangan Usaha, sedangkan jika Tabel Penggunaan (Use) telah tersusun maka terbentuklah PDRB menurut Pengeluaran. Penyusunan terhadap tabel-tabel ini dilakukan baik atas dasar  harga berlaku maupun atas dasar harga konstan dengan tahun dasar 2010.

 

Semoga dengan diadakannya Workshop Penyusunan Tabel Input yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah (Interregional Input Output / IRIO) kali ini dapat memperbaiki penghitungan PDRB, baik secara tahunan maupun triwulanan secara lebih akurat dan tepat waktu. (nerwilis3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik