PERTEMUAN RELAWAN SP ONLINE SP2020 WILAYAH SEBAGIAN PANTURA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

PERTEMUAN RELAWAN SP ONLINE SP2020 WILAYAH SEBAGIAN PANTURA

PERTEMUAN RELAWAN SP ONLINE SP2020 WILAYAH SEBAGIAN PANTURA

6 Maret 2020 | Kegiatan Statistik


Pertemuan Relawan di Kabupaten Brebes Selasa, 3 Maret 2020 dihadiri sebanyak 51 relawan yang berasal dari lima kecamatan yaitu kecamatan Brebes, Wanasari, Songgom, Jatibarang dan Bulakamba. Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Brebes Martin Suanta, S.E., M.Si, dan pemateri dari BPS Kabupaten Brebes, Kepala Seksi Statistik Sosial Arip Juliyanto, S.ST., M.Si.

Dalam sambutannya Martin Suanta, S.E., M.Si. menuturkan “SP2020 merupakan tugas besar bagi BPS di seluruh Indonesia,  BPS hanya sebagai tukang foto untuk memotret, selebihnya yang menggunakan datanya adalah kita semua, masyarakat yang merasakan manfaatnya.”. Lanjutnya, Kepala BPS Kabupaten Brebes menyampaikan “SP2020 ini menggunakan 3 pendekatan yaitu CAWI, CAPI dan PAPI. Namun, di wilayah Jawa Tengah hanya menggunakan CAWI dan CAPI. PAPI digunakan untuk daerah tertentu di Indonesia yang dinilai belum mampu dari sisi akses jaringan internet.

SP2020 kali menggunakan beberapa moda pengumpulan data yang salah satunya menggunakan pendekatan CAWI (Computer Aided Web Interviewing) yang dilaksanakan pada 15 Februari -31 Maret 2020. Adapun  dan CAPI (Computer-assisted Personal Interviewing) dan PAPI yang lebih familiar disebut dengan SP Wawancara akan dilaksanakan pada Juli 2020 dengan pengerahan petugas lapangan untuk dilakukannya wawancara.

Dalam sesi materi, Arip Juliyanto, S.ST., M.Si. menyampaikan bahwa “tujuan pertemuan relawan SP2020 yaitu untuk membantu BPS mendampingi masyarakat untuk pelaksanaan SP Online”. Artinya, diharapkan relawan ini menjadi agen atau duta SP2020 didaerahnya untuk memberikan pengetahuan dan arahan kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang SP2020 ini. Dalam sesi ini juga dijelaskan bagaimana cara pengisian SP Online dan masalah-masalah apa saja yang sering dihadapi dalam melaksanakan SP Online mulai dari cek keberadaan KK hingga pada tahap pengisian.

Target utama dari SP Online adalah segmentasi masyarakat yang dimungkinkan akan sulit ditemui ketika SP Wawancara, masyarakat yang mobilitasnya tinggi atau jarang melakukan aktivitas di rumah, sampai pada masyarakat yang memiliki handphone/gawai tetapi tidak atau belum melaksanakan SP Online. Harapannya setelah pertemuan relawan ini yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan SP Online di wilayah Brebes. (TU3329).

#SP2020

#SensusPenduduk2020

#sensuspenduduk

#RabuSP

#MencatatIndonesia

#bpsprovjateng

#bpsbrebes

#brebeshits

@bps_statistics

@bpsprovjateng


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik