BRIEFING APLIKASI BPS KSA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

BRIEFING APLIKASI BPS KSA

BRIEFING APLIKASI BPS KSA

23 Oktober 2020 | Kegiatan Statistik


KSA merupakan teknik pendekatan penyampelan yang menggunakan area lahan sebagai unit enumerasi. Pendekatan KSA diharapkan mampu menjawab penyediaan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu untuk mendukung perencanaan Program Ketahanan Pangan Nasional. Salah satu komoditas pangan yang erat kaitannya dengan Ketahanan Pangan adalah Padi. Oleh karena itu, Badan Pusat Statistik sebagai lembaga penyedia data, melaksanakan kegiatan KSA Padi. Di BPS Kabupaten, KSA Padi dilaksanakan sebulan sekali. Pendataan dilakukan pada 7 hari terakhir pada bulan berkenaan dengan cara memasukkan jenis fase padi jika pada titik tersebut adalah tanaman padi atau memasukkan pilihan tanaman lain apabila pada titik tersebut bukan tanaman padi.

Briefing aplikasi KSA di BPS Kabupaten Brebes merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mengenalkan dan menjelaskan aplikasi BPS KSA kepada petugas, dimana aplikasi tersebut adalah inovasi dari BPS sendiri. BPS  mengembangkan sendiri aplikasi BPS KSA untuk menggantikan aplikasi KSA yang terdahulu yang merupakan aplikasi yang dibuat oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Briefing dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB s.d. pukul 16.00 WIB bertempat di Aula BPS Kabupaten Brebes. Briefing dipimpin oleh Inda BPS Kabupaten Brebes, yaitu Nisa Mulida dan Nur Laila dan diikuti oleh petugas KSA yang merupakan pegawai BPS Kabupaten Brebes. Pelaksanaan Briefing KSA pada kesempatan ini, dihadiri oleh Kasi dari BPS Provinsi untuk memantau pelaksanaannya.

Perbedaan aplikasi KSA lama dengan aplikasi yang baru terletak pada kode 7, pada aplikasi lama tertulis sawah bukan padi, sedangkan pada aplikasi yang baru tertulis Lahan Pertanian Bukan Padi. Hal tersebut dapat disimpulkan adanya perluasan definisi pada kode 7. Perbedaan lain yaitu ditambahkannya kode 12 pada aplikasi KSA yang baru, sedangkan aplikasi yang lama belum ada. Kode 12 ini difungsikan untuk area lahan yang tidak dapat diakses karena berbahaya, dilarang masuk, dsb sehingga tidak dimungkinkan untuk memasuki area tersebut. Selain itu, ada perbedaan konsep dan definisi kode 5 yaitu persiapan lahan, di kondef lama, persiapan lahan yang dimaksud adalah khusus untuk tanaman padi, sedangkan kondef yang baru, persiapan lahan adalah diperuntukan untuk semua tanaman. Setelah selesai entry, pada aplikasi baru dapat mengirim data dengan dua pilihan, per sub segmen atau setelah satu segmen. Sedangkan pada aplikasi lama, kirim data hanya bisa dilakukan setelah semua data subsegmen di entry.

Aplikasi BPS KSA akan digunakan mulai bulan November 2020 s.d. Desember 2020 serta diparalelkan dengan aplikasi KSA yang lama dengan menggunakan konsep definisi aplikasi baru. Sementara untuk bulan Oktober masih menggunakan aplikasi yang lama dan menggunakan konsep definisi aplikasi yang lama. Sedangkan pada tahun 2021, pelaksanaan KSA hanya menggunakan satu aplikasi yang baru yaitu BPS KSA.

Seperti Briefing sebelumnya, pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 yang diikuti oleh mitra BPS Kabupaten Brebes, briefing kali ini juga dilengkapi dengan praktek turun ke lapangan. Praktek dijadwalkan pukul 13.00 WIB dan kembali lagi ke kantor BPS pukul 14.00 WIB. Praktek dengan menggunakan aplikasi baru BPS KSA dilaksanakan di area lahan terdekat yang tersebar di 9 segmen. Masing-masing segmen terdiri dari 9 subsegmen mulai dari A1-C3.

Setelah praktek lapangan dilakukan, kemudian dilakukan evaluasi terhadap pendataan lapangan yang dilakukan melalui aplikasi BPS KSA yang baru. Pada evaluasi ini, ditemui kendala berupa petugas tidak dapat mengirim data, dan terdapat adanya perubahan gambar. Setelah dievaluasi, user yang sama ini telah digunakan oleh mitra BPS sebelumnya dan data belum dihapus sehingga terjadi error. Hal ini disebabkan di aplikasi yang baru belum ada menu hapus data, sehingga harus dihapus data dulu oleh server pusat untuk bisa mengirim data yang baru. (Ros/TU)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik