Survei Harga Produsen Sebagai Indikator Dini Harga Grosir dan Eceran - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Survei Harga Produsen Sebagai Indikator Dini Harga Grosir dan Eceran

Survei Harga Produsen Sebagai Indikator Dini Harga Grosir dan Eceran

26 Januari 2021 | Kegiatan Statistik


Salah satu tugas rutin Koordinator statistik kecamatan (KSK) Bulakamba, Rusno Karyanto, adalah survei harga produsen (SHP). Rabu (13/01) Rusno melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan penggergajian kayu kelapa yang beralamat di Desa Wangandalem Kecamatan Brebes. Usaha ini merupakan sampel pengganti SHP di Kecamatan Bulakamba yang sudah tidak berproduksi lagi.

Kunjungan diawali  dengan koordinasi dengan aparat desa, kemudian perangkat desa menunjukan lokasi usaha dan menyambungkan komunikasi antara responden dan pengumpul data.  Harapannya kegiatan survei rutin ini mendapat respon yang positif  sehingga akan mendapatkan informasi yang tepat dan akurat sesuai dengan kondisi di lapangan. Begitu pula untuk periode berikutnya  tidak mengalami hambatan yang berarti, mengingat kegiatan ini akan berulang setiap bulan.

Dari survei ini dihasilkan data yang dapat digunakan untuk menyusun Indeks Harga Produsen (IHP). IHP adalah angka indeks yang menggambarkan tingkat perubahan harga di tingkat produsen. Pengguna data dapat memanfaatkan perkembangan harga produsen sebagai indikator dini harga grosir maupun harga eceran. Selain itu dapat juga digunakan untuk membantu penyusunan neraca ekonomi (PDB/PDRB), distribusi barang, margin perdagangan, dan sebagainya.

Berdasarkan penuturan responden, usaha ini mulai berproduksi secara komersial sejak  oktober 2013, dengan jumlah tenaga kerja tetap saat ini  sebanyak 3 orang dan  tenaga cadangan sebanyak 3 orang. Bahan baku dari usaha penggergajian ini adalah kayu kelapa gelondongan/bulat yang sengaja didatangkan dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Produk utama usaha ini adalah blandar ukuran 10 X 10 cm, gapit ukuran 5 X 10 cm dan usuk ukuran 5 X 7 cm. Dari tiga produk utama tersebut persentase nilai produksi terhadap total nilai produksi , jenis bahan bangunan Blandar menempati urutan  pertama 54,8 persen, disusul  bahan bangunan usuk 34.2 persen  sedangkan  gapit menempati urutan terakhir hanya  11,0 persen. Sedangkan limbah usaha ini berupa kulit pohon kelapa  dan serbuknya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri batu bata.

Dengan semangat baru di tahun ini, Rusno berharap kegiatan ini akan mendapat kelancaran hingga satu tahun mendatang. Untuk itu komunikasi dan silaturahim dengan responden selalu dipelihara agar terjalin kerjasama yang baik. Teriring doa semoga usaha ini semakin maju dan berkembang  sesuai dengan namanya berkah jaya…Aamiin. (Rusno/KSK3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik