Ka.BPS Brebes : Menuju Data Pangan Lebih Akurat Melalui Kerangka Sampel Area - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Ka.BPS Brebes : Menuju Data Pangan Lebih Akurat Melalui Kerangka Sampel Area

Ka.BPS Brebes : Menuju Data Pangan Lebih Akurat Melalui Kerangka Sampel Area

1 Februari 2021 | Kegiatan Statistik


BREBES,TRANSMETRONEWS.CO.ID -Banjarharjo – Data pertanian khususnya padi merupakan salah satu data yang paling banyak ditunggu warga masyarakat luas mengingat data inilah yang nantinya dapat merumuskan kebijakan pertanian yang tepat sasaran. Sehingga sangat dibutuhkan data pertanian yang tepat waktu dan akurat.

Dalam rangka kunjungan kerja ke Area pertanian Desa Sukareja Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Rabu 27 Januari 2021 Pukul 09.30 Wib sampai dengan selesai Hadir dalam giat tersebut diantaranya yaitu, Taram selaku Kades Sukareja, serta didampingi perangkat desa yang ada, Ka. BPS Brebes, Dra Prita Rixtiana, M.M, didampingi, Sugino selaku petugas Segmen Desa Sukareja dan Desa Kubangjero.

Ka. BPS Brebes Prita  Rextiana, M.M,  mengadakan kunjungan kerja,  memantau langsung   proses pengumpulan data bidang pertanian yakni survei KSA (Kerangka Sampel Area) yang di laksanakn bekerjasama antara BPS,  BPPT,  Badan Antariksa Nasional (NASA).

Prita, menerangkan kepada awak media Transmetronews.co.id. Selama ini penghitungan data luas panen yang merupakan salah satu variable dalam penghitungan produksi padi masih menggunakan metode konvensional yang didasarkan pada hasil Eye Estimate yang cenderung menghasilkan data dengan akurasi rendah dan waktu pengumpulan yang relatif lama.

Berdasarkan latar belakang inilah BPS merasa perlu adanya perbaikan metodologi dalam pengumpulan data pertanian. Dirintis sejak subround 2 tahun 2017 BPS bersama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknolohgi) mulai mengembangkan suatu metode pengumpulan data luas panen padi dengan melibatkan peranan teknologi di dalamnya dengan tujuan untuk menghasilkan data yang: objektif dan modern, serta lebih akurat dan tepat waktu, yaitu metode Kerangka Sampel Area (KSA).

Pengumpulan Data Luas Panen Padi dengan metode Kerangka Sampel Area ini mengambil sampel sejumlah segmen yang merupakan bagian dari luas lahan baku sawah yang ada. Sejumlah sampel segmen ditentukan untuk dapat dilakukan pengamatan setiap bulan selama periode 7 hari terakhir setiap bulan.

Pada tiap sampel segmen seluas 300 x 300 meter ini akan diamati sebanyak 9 titik pengamatan.
Yang diamati tentu saja fase tumbuh padi, yaitu periode pertumbuhan padi setelah tanam yang secara fisik dapat diamati secara visual.

Selain mengamati fase padi juga dilakukan pengamatan terhadap penggunaan lahan yang lain. Fase pengamatan yang dilakukan dalam pelaksanaan KSA, antara lain: Vegetatif Awal, Vegetatif Akhir, Generatif, Panen, Persiapan Lahan, Puso, Sawah tidak ditanami padi dan Bukan Lahan Pertanian.

Kabupaten Brebes yang merupakan daerah dengan potensi pertanian, tiap bulan melakukan kegiatan KSA ini dengan sampel sebanyak 117 segmen, yang menyebar di semua kecamatan. Dengan pelaksanaan kegiatan Pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan dengan metode Kerangka Sampel Area ini, terangnya.

Prita, berharap adanya penyajian data statistic pertanian tanaman pangan khususnya padi Kabupaten Brebes akan lebih akurat dan tentu saja bermanfaat sebagai dasar kebijakan sector pertanian, Tuturnya.

Prita pun menambahkan, “Alhamdulillah tanaman padi di Desa Sukareja ini, segmen Kerangka Sampel Area (KSA) saat pengamatan sudah vase generativ, dan kondisi padinya bagus,  tidak ada hama yang serius,  insya Allah dalam waktu 25-30 hr lagi bisa panen raya  semoga bisa menopang ketahanan pangan di negara Indonesia. Imbuhnya (Armin)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik