Uji Publik Modul Pembinaan Statistik - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Uji Publik Modul Pembinaan Statistik

Uji Publik Modul Pembinaan Statistik

25 Juni 2021 | Kegiatan Statistik


Kamis (24/06) bertempat di Aula BPS Kabupaten Brebes, perwakilan dari BPS Kabupaten Brebes diberi kesempatan mendampingi  BPS Provinsi Jawa Tengah dalam Uji Publik Modul Pembinaan statistik.

Acara Uji Publik Modul Pembinaan Statistik tersebut dilaksanakan oleh  BPS RI dengan audiens seluruh BPS Provinsi Se Indonesia  beserta Dinas Kominfotik melalui Zoom Meeting.

Kurang puas rasanya apabila akan mendapatkan ilmu tidak berbagi dengan tetangga, maka kami mengundang  Kepala BPS Kota Tegal, Pemalang dengan Koordinator Fungsi (KF) IPDS nya serta mengundang dua  aparat Dinas Kominfotik  Kabupaten Brebes selaku Walidata Sektoral di Pemda.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi BPS Kabupaten Brebes yang diikutsertakan dalam uji publik tersebut. Karena kami bisa mendengarkan langsung dari narasumber BPS RI dan diberi kesempatan untuk memberikan feedback.

Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu data Indonesia  memberikan kedudukan BPS sangat terhormat yaitu sebagai Pembina Data Statistik yang sejajar dengan Kementerian Keuangan sebagai Pembina Data Keuangan dan Badan Informasi Geo Spasial sebagai Pembina Data Spasial.

Tugas kami di daerah juga sangat strategis, selain penghasil data Statistik Dasar, juga harus membina Organisasi Pemerintah Daerah (OPD)  dalam menghasilkan data sektoralnya. Tidak mudah untuk mengajak para stakeholder untuk memahami bagaimana memproduksi data yang sesuai NSPK (Norma Standar Kriteria dan Prosedur), yang harus ada Metadatanya dan bisa dibagipakaikan (Interoperabilitas) serta mengacu pada satu data Induk (Referensi).

Aparat BPS sendiri sangat heterogeny kompetensi/pemahaman terhadap ilmu statistiknya, serta proses bisnis Satu Data Indonesia.

Alhamdulillah bak gayung bersambut, BPS menyusun Modul Pembinaan Statistik sebagai bekal aparat BPS daerah seluruh Indonesia dalam membina OPD dalam memproduk data sektoralnya.

Banyak hal didiskusikan, banyak saran masukan baik dari Pusdatin Kementerian, Dinas Kominfo berbagai Provinsi dan juga BPS Kabupaten Brebes, BPS Kabupaten Pemalang serta BPS Kota Tegal juga berkontribusi dalam sesi tanya jawab guna menyempurnakan konten modul tersebut.

Semoga setelah diujipublikkan Modul Pembinaan Statistik Sektoral segera sempurna, implementatif dan kami selaku Pembina Sektoral di daerah segera dapat menindaklanjutinya dengan lebih percaya diri.

Insya Allah kalau seluruh OPD sudah sadar dan cinta data statistik, visi BPS sebagai “Penyedia Data Berkualitas Untuk Indonesia Maju” segera terwujud dan “Satu Data Indonesia” akan membawa pencerahan bagi pengambil kebijakan nasional maupun daerah sehingga kesejahteraan masyarakat akan terwujud.(Rex/Ka3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik