UJI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN BPS TENTANG JUKNIS KEGIATAN PRAKOM - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

UJI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN BPS TENTANG JUKNIS KEGIATAN PRAKOM

UJI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN BPS TENTANG JUKNIS KEGIATAN PRAKOM

14 Januari 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Rabu (13 Januari 2021), Menggunakan aplikasi zoom meeting dan youtube.com, BPS telah melaksanakan Webinar Uji Publik Rancangan Peraturan Badan Pusat Statistik (BPS) Tentang Petunjuk Teknis Kegiatan Jabatan Fungsional Pranata Komputer (Prakom). Acara daring ini juga memanfaatkan laman elearning.bps.go.id sebagai fasilitas presensi peserta, serta fasilitas lain seperti jadwal, tautan untuk mengunduh bahan paparan narasumber dan dokumen materi terkait lainnya serta berbagai  Forum diskusi yang dibagi sesuai katagori jenjang jabatan dan unsur kegiatan. Acara Uji Publik ini  diikuti oleh 2.319 peserta yang berasal dari Pejabat Prakom dari BPS maupun Instansi/Lembaga di luar BPS yang memenuhi undangan Panitia.

Tujuan Uji Publik ini adalah untuk menerima masukan dari pejabat Prakom tentang Rancangan Peraturan BPS perihal Petunjuk Teknis Kegiatan Jabatan Prakom, sebagai tindak lanjut dari revisi peraturan jabatan Prakom yang baru dari Kemenpan RB.

Pembukaan Uji Publik dilakukan oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik (MIS), Imam Machdi. Dalam sambutan pembukaan, Deputi Bidang MIS menyebutkan bahwa BPS mendukung dan telah melaksanakan strategi Pemerintah dalam Penyederhaan Struktur Organisasi dan pengkayaan fungsi, dengan tujuan mewujudkan organisasi yang efektif, efisien dan dinamis. Penyederhanaan struktur dimaksudkan untuk mempercepat pengambilan keputusan serta pengayaan fungsi agar SDM organisasi pemerintah perlu meningkatkan kualitas secara profesional melalui jenis berbagai jabatan fungsional salah satunya adalah Pranata Komputer (Prakom). Jabatan prakom dinilai cukup strategis dan selaras dengan program pemerintah dalam Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik (SPBE). BPS telah melakukan revisi peraturan jabatan Prakom dengan diterbitnya Permenpan No 32 Tahun 2020.

Sesi pertama rangkaian Uji Publik disampaikan oleh Muchammad Romzi selaku Ketua Perkumpulan Pranata Komputer Seluruh Indonesia sekaligus Direktur Sistem Informasi Statistik (SIS) BPS. Direktur SIS-BPS ini menyampaikan tentang Peran Pejabat Fungsional Komputer di Era Digital Disruption. Selanjutnya pada sesi kedua paparan tentang Penilaian Kegiatan Jabatan Fungsional Pranata Komputer, disampaikan oleh Evy Rachmayani, Analisi Kepagawaian Madya Bagian Jabatan Fungsional BPS. Kemudian dilanjutkan oleh Novianto Budi Kurniawan, sebagai Fungsional Prakom Ahli Madya di BPS yang menyampaikan Butir Kegiatan Prakom. Sebelum dilakukan diskusi dan tanggapan pada Uji Publik disampaikan simulasi pembuatan lampiran Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (DUPAK) Fungsional Prakom  oleh Pejabat Prakom Ahli Madya BPS lainnya, yaitu Alfatihah Reno Maulani Nuryaningsih Soekri Putri Munaf.

Acara Webinar juga diikuti oleh MN Yusmar, Pejabat Prakom selaku koordinator fungsi IPDS BPS Kabupaten Brebes. Uji Publik ini sangat bermanfaat khususnya bagi pejabat Prakom yang baru saja menjalani penyetaraan yang sebelumnya dalam jenjang jabatan struktural.(Yusmar/IPDS3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik