23 Petugas BPS Brebes Mengikuti Briefing Survei IMK Tahunan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

23 Petugas BPS Brebes Mengikuti Briefing Survei IMK Tahunan

23 Petugas BPS Brebes Mengikuti Briefing Survei IMK Tahunan

2 Agustus 2022 | Kegiatan Statistik


Sektor industri manufaktur berperan penting dalam pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi. Sektor IMK memberikan sumbangan 20,51% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2015. Berdasarkan hasil Sensus Ekonomi tahun 2016, IMK menyerap tenaga kerja sebanyak 9,4 juta pekerja (13,3% dari total pekerja).

Karakteristik IMK terkait fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat (Azrin, 2004) menjadikannya sebagai penyangga perekonomian dalam mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan. Karakteristik ini telah terbukti pada masa beberapa krisis ekonomi lalu dan kali ini diuji kembali pada era pandemi. Faktor ini menunjang usaha pemerintah terus bekerja keras menyeimbangkan penanganan kesehatan dan penyelamatan ekonomi. Koordinasi lintas kementerian/kelembagaan melalui berbagai pengesahan peraturan perundangan terkait stimulus/program bantuan dilakukan untuk mendongkrak sektor ini.

Mengingat peranan IMK yang cukup penting terhadap perekonomian nasional, Badan Pusat Statistik berusaha memenuhi kebutuhan data IMK tersebut dengan cara menyelenggarakan Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) Tahunan. Usaha IMK terdiri 2 kelompok yaitu Industri Mikro dengan tenaga kerja 1-4 orang dan Industri Kecil dengan tenaga kerja 5-19 orang. Data yang dikumpulkan pada kegiatan ini adalah data pekerja, balas jasa pekerja, pengeluaran, pendapatan, permodalan, kesulitan usaha, pelayanan dan bimbingan usaha, penggunaan internet serta distribusi pemasaran IMK. Data akan bisa disajikan menurut Kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dua-digit.

Bertempat di ruang aula BPS Kabupaten Brebes, pada hari Senin 1 Agustus 2022 sebanyak 23 peserta (13 petugas pencacah dan 12 petugas pengawas/pemeriksa) mengikuti pelatihan/ briefing Survei Industri Mikro dan Kecil (VIMK) 2022 Tahunan. Pembukaan diawali dengan sambutan dan arahan dari Ketua Tim Statistik Industri, Mohammmad Nurdin mewakili  Kepala BPS Kabupaten Brebes yang berhalangan hadir karena pada hari yang sama mengikuti Workshop Pemanfaatan data Susenas dalam Pembangunan Statistik untuk Pemenuhan Indikator Strategis di Hotel Laras Asri Salatiga.Setelah kegiatan pembukaan selesai dilanjutkan dengan penyampaian materi pengumpulan data Listing oleh Desta Anugrah Arviansyah dan materi pencacahan oleh Mohammmad Nurdin. Keduanya adalah anggota dan ketua tim Statistik Industri.

Petugas akan disebar pada 15 dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes. Sampel blok sensus terbanyak di Kecamatan Bumiayu yaitu besar 18,6 persen disusul Kecamatan Wanasari sebesar 13,6 persen dan Kecamatan Salem sebexsar 11,9 persen. Listing dimulai setelah briefing sampai dengan tanggal 23 Agustus. Setelah listing dilakukan entri data dan penarikan sampel. Tahapan selanjutnya adalah pencacahan usaha Industri Mikro Kecil yang dimulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 23 pada Bulan September 2022. (mohnurdin 02/08/2022)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik