Internalisasi dan Persiapan Penyusunan PDRB Lapangan Usaha Triwulanan Kab/Kota - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Internalisasi dan Persiapan Penyusunan PDRB Lapangan Usaha Triwulanan Kab/Kota

Internalisasi dan Persiapan Penyusunan PDRB Lapangan Usaha Triwulanan Kab/Kota

29 September 2023 | Kegiatan Statistik


Jumat, 29/09. BPS Kabupaten Brebes turut serta dalam rapat internalisasi dan persiapan penyusunan PDRB LU triwulanan Kab/Kota se-provinsi Jawa Tengah secara daring. Rapat diselenggarakan oleh BPS Provinsi Jawa Tengah melalui fasilitas zoom. Peserta merupakan pegawai pada masing-masing kabupaten/ kota di Jawa Tengah yang terlibat dalam penghitungan PDRB Triwulanan.

Produk Domestik Bruto Regional (PDRB) adalah jumlah nilai tambah bruto (NTB) yang timbul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut. NTB sendiri merupakan salah satu parameter ekonomi yang menggambarkan selisih antara nilai produksi dan biaya antara dari suatu produk, baik barang maupun jasa. Angka PDRB merupakan angka penting bagi pemerintah.

Sebagaimana disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada acara peringatan Hari Pers Nasional, 9 Februari lalu di Medan, Sumatera Utara. Presiden menyampaikan, “… Data adalah new oil  yang harganya tak terhingga.” Data disetarakan dengan minyak.

Qatar, Uni Emirat Arab, sampai Saudi Arabia merupakan Negara minyak super kaya. Qatar bahkan menempati posisi ke 4 negara terkaya di dunia. Disusul kemudian oleh Uni Emirat Arab di posisi ke 6. Data ini merupakan hasil survey yang dilakukan oleh majalah Global Finance pada Mei tahun ini.

Menjadi sebuah pertanyaan besar. Bagaimana Negara-negara gurun pasir yang tanahnya tandus dan kering muncul sebagai raksasa dunia? Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah minyak.

Begitu berharganya minyak. Dan data hari ini, menurut presiden adalah minyak baru. Kekayaan baru bangsa. Sama berharganya dengan minyak.

Berbagai kebijakan tanpa data seyogianya bagai berjalan di malam hari tanpa penerang. Tak terarah. Tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, data sangat penting untuk mendukung pembangunan. Salah satu data strategis BPS adalah PDRB. Baik PDRB lapangan usaha maupun pengeluaran. Data strategis ini merupakan indicator penting untuk mengukur pembangunan suatu wilayah. Sudah sejauh mana pembangunan di suatu wilayah berjalan.

Sehingga tersedianya data PDRB yang up to date dan berkualitas adalah keniscayaan. Melalui data yang baik maka arah pembangunan yang diharapkan akan tercapai. Seyogianya semua lini masyarakat memiliki semangat untuk bekerja bersama dalam mewujudkan pembangunan yang dicita-citakan.

Berdasarkan semangat itulah BPS Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan internalisasi penyusunan PDRB triwulanan. Karena persiapan yang baik dan matang tentu tidak akan mengkhianati hasil. (MS)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik