Satu Data Jawa Tengah Untuk Satu Data Indonesia - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Satu Data Jawa Tengah Untuk Satu Data Indonesia

Satu Data Jawa Tengah Untuk Satu Data Indonesia

19 November 2019 | Kegiatan Statistik


Sebagai upaya pelaksanaan Satu Data Indonesia (SDI) di daerah, BPS Provinsi Jawa Tengah mengadakan Rakor Satu Data Indonesia. BPS Kabupaten Brebes ikut aktif menghadiri rapat tersebut serta berkoordinasi mengupayakan kehadiran Dinas Kominfotik Brebes dan Baperlitbangda Brebes yang juga diundang.   

 

Rapat Koordinasi bertajuk Peningkatan Peran dan Fungsi Institusi Statistik Dalam Satu Data Indonesia, diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Komunikasi dan Informatika serta Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Harris Hotel Sentraland Semarang, rakor dilaksanakan pada 12-15 Nopember 2019. Peserta berasal dari BPS, Bappeda dan Diskominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah .

 

Tujuan Satu Data Indonesia (SDI) antara lain : Memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi Instansi Pusat dan instansi Daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola Data; Mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah; Mendorong keterbukaan dan transparansi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada Data; Mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai peraturan perundang-undangan. 

Pada kesempatan Keynote Speech, Sentot Bangun Widoyono M.A, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah  menjelaskan Peran dan Fungsi Institusi Statistik dalam Satu Data Indonesia. Sedangkan Kepala Pusdiklat BPS, Marsudijono S.Si., MM, memberikan arahan tentang Sinergi Perwujudan Sistem Statistik Nasional. Sementara itu mewakili Bappenas, Dr. Sanjoyo, MEc. Selaku Manajer Pilar Pembangunan Sosial Sekretariat SDGs Nasional, menyampaikan materi Kebutuhan Data untuk Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan RAD SDGs. Sedangkan Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, S.C. pada rakor tersebut mempresentasikan Tata Kelola Satu Data Indonesia.

Berikutnya disampaikan juga materi penting oleh narasumber lain yaitu : Kebijakan Interoperabilitas Dalam Mendukung Satu Data Indonesia, NSPK Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah  Daerah, Kebijakan Satu Peta. Tidak disia-siakan pula kesempatan baik ini juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan Kegiatan Sensus Penduduk 2020, sebagai kegiatan penting bangsa Indonesia tahun depan. 

Rapat Koordinasi juga disertai dengan penandatanganan KOMITMEN BERSAMA Satu Data Indonesia antara BPS dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi dan Kabupaten/Kota. (ipds3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik