Rekonsiliasi Daerah Data IKK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Rekonsiliasi Daerah Data IKK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021

Rekonsiliasi Daerah Data IKK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021

24 Mei 2021 | Kegiatan Statistik


Rekonsiliasi data hasil Survei Kemahalan Konstruksi (SHKK) Tahun 2021 merupakan rekonsiliasi pertama dalam sejarah yang dilaksanakan melalui daring.  Kegiatan rekonsiliasi  merupakan kegiatan tahunan fungsi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik untuk menghasilkan data Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) tahun 2021. 

Rekonsiliasi dilaksanakan tanggal 19 sd 21 Mei 2021 dibuka oleh Kepala BPS Provins Jawa Tengah, Sentot Bangun Widhoyono,MA  dan ditutup oleh Koordinator Fungsi Statistik Distribusi Jawa Tengah, Arjuli Wondo,S,Si yang juga ketua penyelenggaran kegiatan. Rekonsiliasi juga diikuti oleh KF Statistik Perdagangan Besar BPS RI, Dewi Takarini dan dipandu oleh 2 orang fasilitator yaitu Dwi Jayanti dan Dimas.

Sekedar mengingat kenangan, Rekon tahun  sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 26 sd 31 Maret  2020 di solo  yang berakhir dengan suasana mencekam. Pada tanggal 30 Maret 2020 pandemic covid 19 pertama mulai memasuki kota solo. Saat itu, Kegiatan rekons ditutup  dengan suasana mencekam karena untuk pertama kalinya kami mendengar korban pertama meninggal di kota solo dan esok paginya ada berita yang menyatakan kota solo akan ditutup untuk akses keluar masuk. Sehingga kami harus segera bergegas untuk meninggalkan kota solo malam itu juga.


Apa itu Rekonsiliasi IKK?

Rekonsilisasi IKK merupakan kegiatan membandingkan harga-harga barang  dan jasa konstruksi hasil pendataan SHKK di Seluruh kabupaten/ kota dengan membandingkan harga di satu kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai kota acuan dengan kriteria yang telah ditentukan. SHKK dilaksanakan setiap Triwulan. Secara Kebetulan selama 2 tahun ini, Kota Semarang menjadi kota acuan harga SHKK  secara nasional . Keterbandingan harga SHKK merupakan keterbandingan harga suatu produk barang konstruksi yang sudah ditentukan baik jenis maupun kualitasnya . Keterbandingan ini menggambarkan perbedaan harga di suatu kabupaten terhadap kota acuan.

Mengapa IKK itu penting?

IKK merupakan salah satu  variabel dalam menentukan besaran Dana Alokasi UMUM (DAU) daerah.  Sehingga Indeks ini sangat ditunggu oleh pemerintah daerah. Besarnya DAU salah satunya ditentukan oleh angka IKK.

Kesimpulannya?

Dengan Angka IKK akan menggambarkan berapa biaya untuk membangun sebuah gedung di suatu kabupaten A ? Semakin tinggi indeks IKK berati biaya untuk membangun suatu bangunan di Kabupaten A lebih tinggi biayanya  jk dibandingkan membangun bangunan yang sama di kabupaten B.. Semakin mahal harga harga barang dan jasa di Suatu kabupaten  maka indeks kabupaten tersebut akan lebih tinggi…semakin tinggi indeks, biaya untuk membangun satu bangunan yang sama (kualitas dan spesifikasinya) akan lebih tinggi.berati biaya yang dialokasikan di kabupaten A tersebut lebih tinggi walaupun jenis dan dan spesifikasi bangunan tersebut sama.


Kapan Angka IKK rilis?

Angka IKK akan rilis setelah seluruh kabupaten/Kota di Indonesia melaksanakan rekonsiliasi hasil SHKK untuk tahun yang sama.

Harga Apa saja Yang direkonsiliasi?

Harga barang konstruksi natural seperti tanah,batu,pasir dan kayu bahan bangunan serta barang konstruksi pabrikan seperti semen, paku,keramik, peralatan listrik dsb. Untuk jasa konstruksi yang direkonsiliasi meliputi upah jasa tukang bangunan,istalator listrik hingga mandor bangunan yang bekerja di kegiatan proyek konstruksi. Selain harga barang dan jasa diatas, juga dikumpulkan data  biaya sewa alat berat yang dipakai untuk kegiatan Proyek konstruksi tanpa BBM dan tanpa biaya mobilisasi.  Data sewa kendaraan berat yang dikumpulkan menggunakan referensi umur alat berat yang berumur kurang dari 8 tahun.(Distr/030621)


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik