RAKORDA PERSIAPAN SP2020 KOMISI TATA USAHA - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

RAKORDA PERSIAPAN SP2020 KOMISI TATA USAHA

RAKORDA PERSIAPAN SP2020 KOMISI TATA USAHA

18 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


Menyongsong Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Badan Pusat Statistik Jawa Tengah melakukan berbagai upaya persiapan. Salah satu diantaranya adalah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020 (Rakorda SP2020) yang dailaksanakan di Hotel Best Westren Solo Baru pada tanggal 8 – 12 Desember 2019. Rapat kali ini diikuti oleh semua pejabat struktural di lingkungan BPS Provinsi Jawa Tengah, mulai pejabat Eselon II (Kepala BPS Provnisi), pejabat Eselon III (Kabag, Kabid dan Kepala BPS Kab/Kota) serta pejabat eselon IV (Kasubbag dan Kasi), serta Ibu-ibu Dharma Wanita, Ketua Markas Koordniasi SP2020 (Mako SP2020) dan Admin Media Sosial. Rapat yang mengambil tema “Kolaborasi Menuju Satu Data kependudukan” tambah meriah dengan kehadiran 4 perwakilan OPD se Jawa Tengah. Acara dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Salah satu rangkaian acara Rakorda SP2020 BPS Jawa Tengah adalah rapat Komisi masing-masing Bagian/Bidang. Memasuki acara rapat komisi perserta dibagi habis pada komisinya masing-masing. Sehingga keseluruhan ada 10 Komisi yang terbagi menjadi 10 kelas. Komisi Kasubbag. Komisi Kasubbag. Tata Usaha dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Jawa Tengah Joko Suwarjo, S.Si, M.Si, sekaligus berkenalan dengan semua Kasubbag. Tata Usaha se Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa saat ini BPS Jawa Tengah sedang mempersiapkan kelengkapan hasil temuan BPK beberapa waktu yang lalu. Beliau mengingatkan untuk barang-barang pengadaan publisitas SP2020, yang sampai akhir tahun 2019 belum semuanya didistribusikan agar segera dimasukkan ke barang persediaan dan diinput ke aplikasi persediaan. Sebelum para kasubbag. menyampaikan materi, terlebih dulu diawali dengan pengenalan sistem informasi pengelolaan Anggaran yang dibuat oleh salah satu pegawai BPS Kabupaten Pekalongan. Dengan sistem tersebut sejak awal akan terdeteksi akun – akun yang mengalami pagu minus. Selama ini dari system yang ada (SAS) tidak bisa mendeteksi secara detail akun-akun mana yang mengalami pagu minus, sehingga pagu minus tidak selalu muncul di akhir tahun setelah adanya rekon dengan KPPN. Dengan adanya aplikasi ini juga akan meminimalisir data yang berbeda antara POK dan SAS.

Narasumber yang menyampaikan materi di depan komisi Tata Usaha dimulai dari Bina Program Isnaini, S.ST, MM. Paparan diawali dengan penganggaran tahun 2020, bahwa tahun 2020 anggaran BPS sangat fantastis, dimana sebagian besar untuk pelaksanaan SP2020. Selain itu disampaikan juga pada tahun 2020 struktur penganggaran mengalami perubahan, dimana pada tahun 2020 program DMPTTL merupakan penggabungan program generik non teknis (PSPA), sehingga pada tahun 2020 PSPA masuk pada program DMPTTL.

Paparan berikutnya disampaikan oleh kasubbag. Keuangan Suci Budi Utami, S.ST., M.Si yang menyampaikan Belanja dalam rangka pelaksanaan proses bisnis SP2020. Dalam mengawal proses bisnis SP2020 mulai dari Koordinasi dan Konsolidasi sampai dengan proses bisnis SP2020 yang terakhir yaitu pelaksanaan pencacahan lapangan SP2020, banyak rambu-rambu yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam pengadministrasiannya. Selain itu kasubbag. TU untuk selalu mengawal pelaporan SPI di satker masing-masing daerah.

Giliran berikutnya paparan disampaikan oleh Kasubbag. Kepegawaian dan Hukum Muhamad Sobirin, S.Si yang menyampaikan Sosialisasi impasing jabatan fungsional di bidang perbendaharaan. Ke depan Seluruh Pengelola Perbendaharaan K/L harus memenuhi standardisasi kompetensi yang telah ditetapkan melalui proses Sertifikasi Kompetensi. Bahwa Jafung sebagai opsi pengembangan karir dan kompetensi bagi pengelola perbendaharaan, tidak menghilangkan kewajiban untuk memenuhi standar  kompetensi dan pengembangan kapasitas, sehingga di masa mendatang tidak ada lagi dikotomi antara jabatan teknis dan administrasi, karena jabatan fungsional tidak hanya di teknis, di administrasi (keuangan) pun akan ada jabatan fungsional yang setara dengan jabatan fungsional yang ada di teknis.

Kasubbag. Umum Hermanu Trihandoyo, SE. MM. menyampaikan pemaparan berikutnya, hanya mengingatkan bahwa agar daftar barang SP2020 untuk diinput pada aplikasi persediaan, tanggal pembukuan sesuai BAST. Untuk nama setiap jenis barang dikasih tambahan SP2020. Selain itu kasubbag. umum mengaharapkan agar Kasubbag. TU di Kabupaten masing-masing untuk selalu mengupdate DBR. Karena dari hasil evaluasi banyak DBR yang tidak sesuai dengan barang yang ada dalam ruangan yang bersangkutan.

Terakhir Kasubbag. Pengadaan Barang/Jasa Dra. Victoria Ichiek Nugrahatining Rudati menyampaikan bahwa tahun 2020 banyak pengadaan Barang/Jasa yang akan dilakukan oleh BPS kabupaten/kota, sehingga perencanaan pengadaan harus segera dilakukan sejak sekarang termasuk segera menginput di SIRUP LKPP. Kasubbag. TU Kabupaten/Kota harus mengawal jalannya pengadaan Barang/Jasa di Satker masing-masing, jangan sampai ada yang tidak tepat dalam melakukan pengadaan barang/jasa. 

SEKECIL APAPUN RUPIAH YANG DIKELUARKAN DARI UANG NEGARA HARUS DIPERTANGGUNGJAWABKAN ADMINISTRASINYA DENGAN AKUNTABEL. (TU3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik