Ketika “Uwane” Membahas SP2020 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Ketika “Uwane” Membahas SP2020

Ketika “Uwane” Membahas SP2020

19 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


Hujan sudah mulai hadir di bulan Desember ini. Namun siaran radio Singosari 103.9 FM tentang Sensus Penduduk (SP2020) masih menjadi topik yang selalu hangat di akhir tahun 2019 ini. Hal tersebut setidaknya terasa saat siaran dialog interaktif bertajuk “Moci Bareng Karo Uwane” (MBKU) pada hari Jumat 13 Desember 2019, di Kantor BPS Kabupaten Brebes.

Radio LPPL Pemerintah Kabupaten Brebes ini, memang selalu berhasil menyajikan perbincangan menarik seputar Persiapan SP2020. Kali ini bersama Kepala BPS Kabupaten Brebes, Martin Suanta, SE, MSi dan Kepala Seksi IPDS BPS Kabupaten Brebes, MN Yusmar. S.Mn, menyoroti Sensus Penduduk Online (SPO-2020) yang akan dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Dioalog interaktif kali ini bersama Forum Komunikasi Wartawan Brebes, dengan Otong Susilo dari TV-One dan Nugroho dari Pantura News. Dipandu Bung Iyan dari Singosari FM Brebes, siaran langsung ini juga melibatkan penelpon dari pendengar setia radio kesayangan wong Brebes.

“SPO 2020 selalu mendapat perhatian masyarakat karena meskipun sebelumnya Sensus Penduduk sudah pernah dilaksanakan enam kali setelah kemerdekaan, untuk pertama kalinya Sensus Penduduk Online baru akan dilaksanakan di Indonesia”, demikian Martin Suanta mengawali penjelasannya. Partisipasi dan kejujuran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjawab sejumlah 21 pertanyaan tentang data individu dan data perumahan, karena data yang dikumpulkan akan menjadi awal menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Menjawab pertanyaan dari wartawan TV-One, Otong Susilo, Martin Suanta menambahkan tentang pentingnya partisipasi masyarakat secara luas, sosialisasi perlu secara masif dilakukan terutama saat pelaksanaan SPO agar pengisian dokumen online nantinya di alamat sensus.bps.go.id mendapat data yang akurat sesuai dengan konsep dan definisi yang ditetapkan BPS.

Sementara itu, MN Yusmar menjelaskan tentang sms blast (broadcast sms) yang akan diterima para pengguna telepon genggam dari provider. Sms ini akan berisi token sebagai password saat pengguna akan melakukan SPO-2020, sedang username akan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Prosedur ini perlu dilakukan demi autentifikasi responden SPO-2020 dan standar kerahasiaan data individu.

Sedangkan menjawab pertanyaan wartawan Pantura News, Nugroho yang menyoroti pentingnya data yang lengkap saat SP2020, termasuk data kemiskinan, Martin Suanta menjelaskan bahwa pengumpulan data kemiskinan tidak tercakup dalam SP2020. “Data kemiskinan yang dihasilkan BPS, dilakukan pada kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), data kemiskinan membutuhkan lebih banyak variable yang ditanyakan dan tidak bisa jika pelaksanaannya diintegrasikan dengan SP2020, karena biasanya satu responden membutuhkan sekitar satu sampai dua jam dalam wawancara langsung”, tambahnya.

Selain dialog yang menarik antara para wartawan dan Narasumber dari BPS Kabupaten Brebes, pertanyaan yang disampaikan langsung para pendengar juga meramaikan acara MBKU ini. Masyarakat cukup antusias menanyakan tentang SPO-2020 dan kendala yang kemungkinan dihadapi saat pelaksanaanya.

Tak terasa “poci” sudah tidak hangat lagi dan satu jam terasa cepat berlalu, tapi membahas SPO-2020 masih hangat dibincangkan.(ipds3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik