“SERBA-SERBI KECAMATAN TANJUNG” PART 1 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

“SERBA-SERBI KECAMATAN TANJUNG” PART 1

“SERBA-SERBI KECAMATAN TANJUNG” PART 1

24 Agustus 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Hai Sobat Data, tahu kah kamu apa yang terkenal dari Kecamatan Tanjung? Sebelum kita bahas apa saja yang terkenal dari Kecamatan Tanjung, kita akan bahas sedikit informasi tentang Kecamatan Tanjung.

Kecamatan Tanjung merupakan salah satu kecamatan yang berada di jalur Pantai Utara Kabupaten Brebes. Kecamatan Tanjung terdiri dari 18 desa, dimana 2 desa diantaranya berbatasan langsung dengan Pantai Utara Pulau Jawa. Itu sedikit informasi tentang Kecamatan Tanjung.

Sobat Data, mungkin pernah mendengar kalau Kecamatan Tanjung terkenal dengan industri makanan. Ada 2 jenis industri makanan yang terkenal dari Kecamatan Tanjung, yaitu Industri kue basah dan industri sohun. Kita akan bahas satu persatu, industri makanan yang ada di Kecamatan Tanjung :

1.         Industri Kue Basah

Kecamatan Tanjung terkenal dengan industri kue basah, atau yang lebih dikenal dengan nama “Jajan Tanjung”. Apa yang membedakan industri kue basah dari Tanjung dengan industri kue basah dari tempat lain. Pada dasarnya kue basah yang diproduksi dari Tanjung sama seperti kue basah yang diproduksi dari tempat lain. Yang membedakan adalah industri kue basah dari Tanjung dijajakan dengan menggunakan “Tenong”. Tenong adalah tempat membawa makanan terutama kue basah yang terbuat dari besi/baja. 

2.         Industri Sohun

Kecamatan Tanjung merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Brebes yang memiliki industri sohun. Kalau Sobat Data banyak yang belum tahu apa itu “Sohun”, sohun adalah makanan sejenis mie yang berbahan dasar dari “tepung sagu”. Sohun berbeda dengan bihun, jika sohun berbahan dasar tepung sagu sementara bihun berbahan dasar dari tepung beras.

Ada 5 industri sohun yang masih berproduksi di Kecamatan Tanjung, yakni 2 di Desa Sengon, 2 di Desa Tanjung dan 1 di Desa Lemahabang. Industri sohun termasuk dalam kategori industri sedang, karena industri sohun menyerap tenaga kerja antara 20 sampai 99 orang.

Nah sobat Data itulah sedikit informasi tentang Kecamatan Tanjung yang mungkin belum kalian ketahui. Kita akan bahas informasi tentang kecamatan Tanjung pada tulisan selanjutnya. Jangan lupa nantikan “SERBA-SERBI KECAMATAN TANJUNG” PART 2. (Sari/KSK_3329110)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik