Penyusunan Rencana Kawasan Permukinan (RKP) di Kabupaten Brebes - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Penyusunan Rencana Kawasan Permukinan (RKP) di Kabupaten Brebes

Penyusunan Rencana Kawasan Permukinan (RKP) di Kabupaten Brebes

8 September 2021 | Kegiatan Statistik


Rencana Kawasan Permukinan (RKP) adalah bentuk upaya pelaksanaan tugas Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes untuk penyusunan rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman. Hal ini sesuai dengan amanat UU nomor 1 tahun 2011 pasal 15 (c) dan pasal 64 tentang Perencanaan Kawasan Pemukiman serta PP nomor 14 tahun 2016 pasal 56  tentang Penyelenggaraan PKP.

RKP disusun untuk memenuhi kebutuhan tata kelola Kawasan Perkotaan dan Perdesaan, mewujudkan Rencana Tata Ruang (Pola dan Struktur Ruang), optimalisasi sumber daya perkotaan dan perdesaan dalam pembangunan kawasan permukiman, acuan keterpaduan pembangunan infrastruktur dan dasar pertimbangan arahan pembangunan kawasan permukiman.

Muatan RKP terdiri dari empat bagian yaitu Kebijakan dan Strategi (Jakstra) Pembangunan dan Pembangunan kawasan permukiman, Rencana Lingkungan Hunian (RLH) perkotaan dan perdesaan, Rencana Keterpaduan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) serta Indikasi program.

Di Kabupaten Brebes pembahasan RKP menjadi tugas dan wewenang dari Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Dinperwaskim). BPS Kabupaten Brebes secara aktif mendukung kegiatan penyusunan RKP pada tahap pengumpulan data dan informasi. Data yang dibutuhkan untuk penyusunan RKP dari BPS antara lain Data Kependudukan (jumlah, kepadatan dan pertumbuhan penduduk), Indeks pembangunan manusia (IPM) dan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Selain itu data dan informasi statistik dari BPS Kabupaten Brebes juga digunakan untuk mendukung pembahasan penyusunan RKP sebagai bagian dari profil Kabupaten Brebes.

Kegiatan penyusunan RKP adalah salah satu kegiatan pengumpulan data sektoral berupa kompilasi produksi administrasi (kompromin) dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi di Kabupaten Brebes. Sementara itu selain data kependudukan dan perekonomian dari BPS, pengumpulan data dan informasi administrasi mencakup Data Kondisi Fisik dan Lingkungan, Data Penggunaan Lahan, dan Data Sarana dan Utilitas Umum (PSU).

Selain data administrasi, penyusunan RKP juga mengumpulkan data peta digital terkait kondisi fisik wilayah, peta kependudukan, peta perekonomian, peta Rencana Tata Ruang, peta kondisi perumahan dan permukiman, peta rencana relokasi dan peta kondisi pelayanan PSU.

Penyusunan RKP membutuhkan kerjasama yang baik antar instansi di Kabupaten dan validitas data yang akurat yang dihasilkan di setiap satuan kerja (satker). BPS Kabupaten Brebes sebagai pembina data statistik sektoral di daerah terus berupaya berkoordinasi bersama semua satker terkait, agar penyajian produk data semakin baik. Pembinaan dalam memproduksi data statistik sektoral diharapkan menghasilkan kesadaran semua produsen data statistik akan pentingnya Penyelenggaraan Kegiatan Statistik Sektoral Sesuai Norma Standar Prosedur & Kriteria (NSPK). Kesadaran ini menjadi penting sebagai  upaya mewujudkan data statistik berkualitas menuju Satu Data Indonesia (SDI) yang menjadi cita-cita bersama. Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju. (MNY/IPDS_3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik