Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK) 2018 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK) 2018

Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK) 2018

5 Maret 2018 | Kegiatan Statistik


Kabupaten Brebes menjadi salah satu kabupaten yang menjadi sampel pelaksanaan Survei Perilaku Anti Korupsi (SPAK) 2018. Pelaksanaan SPAK Tahun 2018 di laksanakan dari akhir bulan Februari – awal bulan Maret 2018 di seluruh wilayah Indonesia yang tersebar di 170 Kabupaten/Kota dan di 33 provinsi. Jumlah sampel seluruhnya sebanyak 10 ribu rumah tangga.

SPAK bertujuan untuk mengukur penilaian, pengetahuan, perilaku, dan pengalaman individu terkait perilaku anti korupsi individu di Indonesia.

Dalam prosesnya responden yang merupakan kepala keluarga atau pasangannya diwawancarai secara langsung (tatap muka). Survei yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana masyarakat memahami norma-norma anti korupsi dalam skala kecil (petty corruption), dan goodwill dalam praktek keseharian dan pengalaman terkait anti korupsi.

Pengukuran terhadap perilaku seseorang bukan hal yang mudah, terutama melalui wawancara tatap muka. Hal yang mungkin secara valid diukur adalah seberapa jauh masyarakat memahami perilaku anti korupsi atau diukur berdasarkan pemahaman dan pengetahuan. Tentu pengetahuan terhadap anti korupsi tidak kalah penting dalam menumbuhkan integritas di praktek kehidupan sehari-hari. Menurut hasil riset, pemerintah adalah aktor yang paling efektif dalam memberikan pengetahuan anti korupsi. Peringkat kedua diduduki oleh tokoh agama dan diikuti oleh keluarga/kerabat/teman.

Jenis data yang dikumpulkan dengan kuesioner dalam bentuk aplikasi android atau menggunakan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Hasil survei akan menjadi acuan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) yang di rilis pada pertengahan tahun 2018.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik