Pencacahan Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga 2019 Triwulan 3 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Pencacahan Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga 2019 Triwulan 3

Pencacahan Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga 2019 Triwulan 3

14 Oktober 2019 | Kegiatan Statistik


 Survei Khusus Konsumsi Rumah Tangga disingkat SKKRT tahunn 2019 triwulan tiga dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal satu sampai dengan 8 Oktober 2019. Sedangkan pengolahannya akan dilaksanakan pada tanggal Sembilan sampai dengan delapan belas Oktober 2019. Pencacahan dilakukan oleh delapan orang Pencacah Survei (PCS) terhadap 30 rumah tangga sampel yang dipilih secara purposive di Kabupaten Brebes.

SKKRT 2019 triwulan tiga ini hampir sama dengan triwulan sebelumnya, hanya saja cakupan waktu saja yang berbeda. Data yang dicakup adalah konsumsi rumah tangga bulan Juli – September 2019. Jenis data yang dikumpulkan adalah karateristik rumah tangga, pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT), keterangan konsumsi barang dari belanja off-line / on-line, keterangan konsumsi jasa dari belanja on-line, keterangan pembiayaan konsumsi dan investasi rumah tangga. Alokasi sampel terbagi ke dalam empat kelompok pendapatan yaitu kelompok rumah tangga dengan pendapatan kurang dari empat juta, pedapatan 4 - 5,99 empat juta per bulan, 6 -  7,99 juta per bulan dan lebih dari delapan juta rupiah per bulan.

SKKRT merupakan survey ringkas dari Susenas yang sebelumnya pernah dibuat panel per triwulan. Mirip dengan Susenas yang merupakan survei yang sangat komplek, karena banyak rincian yang ditanyakan kepada setiap responden. Untuk setiap responden, pencacah perlu pintar-pintarnya menggali informasi yang mungkin memerlukan waktu sampai berjam-jam, sehingga dimungkinkan responden akan merasa jenuh dengan pertanyaan yang diajukan. PCS juga  harus pintar memberikan suasana yang mendukung untuk proses wawancara agar informasi diperoleh yang menggambarkan kondisi rumah tangga yang sebenarnya pada triwulan tiga tersebut.

Responden sebanyak 30 rumah tangga mempunyai karakteristik yang bervariasi. Mulai dari latar belakang pendidikan yang berbeda, lapangan pekerjaan yang berbeda, dan kondisi ekonomi rumah tangganya yang berbeda. Dengan karakteristik yang heterogen ini, maka PCS harus jeli dalam memanfaatkan waktu pendataan.

Pada saat pendataan di lapangan, karena merupakan pendataan panel/ triwulanan maka PCS yang bisa langsung berkomunikasi terlebih dahuli kapan bias berjumpa dengan responden. Setelah janji dibuat maka proses wawancara bias dilakukan. Bagi BPS, responden adalah sumber utama data yang dihasilkan oleh BPS untuk mendapatkan data yang berkualitas yang sangat diperlukan dalam proses pembangunan. (Nurdin/Sie. Nerwilis)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik