Rabu SP di Radio Singosari FM Brebes - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Rabu SP di Radio Singosari FM Brebes

Rabu SP di Radio Singosari FM Brebes

19 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


BPS Kabupaten Brebes melakukan sosialisasi SP2020 secara rutin tiap hari Rabu di Radio Singosari FM 108.3 dan Top FM Bumiayu 93.1. Pada Rabu 18 Desember 2019, Rabu SP2020 menghadirkan narasumber Moh. Nurdin (Kasie Neraca dan Wilayah Analisis Statistik) dan Nisa Mulida (Wakil Ketua Markas Koordinasi SP2020). Rabu SP2020 yang biasanya dilakukan di jam 13.00-14.00, pada Rabu 18 Desember ini dilakukan di jam 16.15-17.15 dengan pembawa acara Mba Rara. Rabu SP2020 menyajikan penyampaian dari narasumber dan diskusi interaktif dengan masyarakat Kabupaten Brebes.

Moh. Nurdin menyampaikan bahwa Sensus Penduduk dilakukan setiap 10 tahun sekali. Penyelenggaraan Sensus Penduduk merupakan amanat undang-undang dan direkomendasikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam perjalanannya, sensus penduduk di Indonesia sudah dilaksanakan sebanyak 6 kali sejak Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000 dan 2010. Hanya saja, SP2020 ini berbeda dengan sensus sebelumnya. Sensus Penduduk sebelumnya menggunakan metode tradisional dalam pengumpulan datanya.  Pengumpulan data secara tradisional dilakukan secara langsung dengan mendatangi penduduk dari rumah ke rumah untuk diwawancarai. Sementara SP2020 ini menggunakan metode kombinasi melalui pemanfaatan data registrasi kependudukan yang bersumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).  Data registrasi penduduk dari ditjen dukcapil tersebut digunakan sebagai basis data SP2020 yang akan diperbaharui secara mandiri (Sensus Online ), oleh masyarakat  di tanggal 15 Februari-31 Maret 2020. Melalui sensus online ini, masyarakat dapat memperbaharui data kependudukannya di situs sensus.bps.go.id dimanapun dia berada. Untuk dapat mengakses situs sensus.bps.go.id, masyarakat memerlukan Nomer Induk Kependudukan (NIK). Di Bulan Juli 2020,  petugas BPS akan mendatangi rumah penduduk yang tidak sempat melakukan sensus online dan juga penduduk yang sudah mengisi sensus online, namun masih memerlukan konfirmasi.

Nisa Mulida menambahkan bahwasanya SP2020 dengan metode kombinasi, penduduk yang sibuk atau tidak berkenan didatangi petugas sensus, penduduk dapat memperbaharui data kependudukannya di sensus online secara mandiri. Menurut salah satu survei, penduduk Indonesia termasuk yang paling sering mengakses media sosial dan menempati menempati urutan ke 3. Makanya beliau berharap partisipasi dari penduduk dalam sensus online ini bisa mencapai 30 persen.  Harapan dari SP2020 ini adalah terwujudnya satu data kependudukan. Nisa Mulida juga menjelaskan arti dari logo SP2020. Bentuk orang bergandengan dan mengangkat tangan mewakili kegiatan sensus penduduk dimana penduduk merupakan elemen utamanya serta diperlukan keterlibatan seluruh warga Indonesia dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Bentuk pita tali yang tersambung menggambarkan bahwa kegiatan sensus penduduk merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Pita tali ini juga menggambarkan grafik data dan tanda centang (check list), menunjukkan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dilakukan secara professional dan memastikan semua warga terdaftar Sensus Penduduk 2020.

Diskusi mulai ketika salah satu Penduduk Brebes bertanya via telepon. Penelepon pertama dari Ripto asal Brebes. Ripto menanyakan apakah situs sensus.bps.go.id sudah bisa diakses? Nisa Mulida menjawab ketika kita sudah bisa mengakses situs sensus.bps.go.id, hanya saja belum bisa login. Login baru dimulai pada tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2019.

Penelepon kedua dari Atmojo asal Pebatan. Atmojo menanyakan mungkinkah Sensus Penduduk ini dipihak ketigakan dan adakah perekrutan petugas dalam sensus door to door.  Nisa Mulida menjawab bahwa untuk sensus wawancara di Juli, BPS membutuhkan tenaga dari luar BPS (pihak ke 3) yang biasanya dinamakan mitra statistik melalui perekrutan secara online.

Penelepon ketiga dari Priyodo asal Pebatan. Priyodo menanyakan bagaimana jika masyarakat berada di luar kota dan  lupa melakukan sensus online serta bagaimana jika data yang sudah diinput di sensus online salah.  Moh. Nurdin menjawab bahwa masyarakat dimanapun berada dapat melakukan sensus online di tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Sementara jika masyarakat lupa melakuan sensus online, petugas BPS akan mendatangi ke rumah penduduk di Bulan Juli 2020. Moh. Nurdin mengharapkan selama jadwal sensus online, masyarakat memastikan bahwa data yang sudah diisi di sensus online sudah benar. Jadi, selama masih dalam jadwal sensus online, masyarakat dapat mengedit jawaban yang telah diberikan di sensus online. Tetapi di Bulan Juli 2020, petugas BPS juga akan mendatangi penduduk yang isian data di sensus onlinenya memerlukan konfirmasi.

Penelepon keempat dari Rudi dari Slatri. Rudi menanyakan bagaimana jika punya istri dua, dimana istri pertama dinikahi secara resmi dan istri kedua dinikahi secara siri. Moh. Nurdin menjawab bahwa seorang suami yang punya istri dua, suami tersebut tercatat disalah satu KK. Jadi ketika sensus, suami tersebut terdata di salah satu KK yang namanya ada.

Penelepon kelima dari Rena asal Brebes. Rena menanyakan apakah jika warga sudah melakukan sensus online akan didata door to door.  Nisa Mulida menjawab bahwa jika warga sudah melakukan sensus online dan datanya sudah clean, maka tidak didata secara door to door.

Pada closing statement, Nisa Mulida menginformasikan bahwa BPS Kabupaten Brebes mempunyai contact center (kontak pengaduan) terkait SP2020, yaitu ke 087833292020 dan 08112762020. Nisa Mulida juga mengajak warga Brebes terutama pendengar Radio Singosari FM Brebes dan Top FM Bumiayu untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan ikut berpartisipasi dengan memperbaharui data di sensus online di tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. Warga Brebes pasti bisa, aja klalen. (AR/3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik