Series Kaleidoskop Kegiatan Statistik BPS - Tahukah Anda Tentang Susenas? - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Series Kaleidoskop Kegiatan Statistik BPS - Tahukah Anda Tentang Susenas?

Series Kaleidoskop Kegiatan Statistik BPS - Tahukah Anda Tentang Susenas?

13 Januari 2021 | Kegiatan Statistik


“Angka Kemiskinan Brebes 2020 sebesar 17,03 persen....” Demikian paparan Kepala BPS Kabupaten Brebes dihadapan Bupati Brebes dan jajarannya di Pendopo Kabupaten Brebes pada penghujung tahun 2020. Angka kemiskinan tidak dihasilkan tiba-tiba, ia adalah hasil (output) suatu kegiatan statistik. Kegiatan statistik tersebut adalah kegiatan pengumpulan data yang dikenal sebagai Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional). Susenas biasanya dilaksanakan setahun dua kali yaitu pada bulan Maret dan September. Untuk estimasi indikator tingkat kabupaten, digunakan data hasil Susenas pada bulan Maret karena sampel yang memadai (1.040 rumah tangga).

Secara sederhana, proses bisnis dari Susenas diawali dengan pelatihan petugas. Pelatihan petugas dilakukan selama 3 s.d 4 hari. Pada tahun 2020 pelatihan petugas Susenas Maret dilaksanakan pada tanggal 28 Januari s.d 8 Februari 2020 (3 Gelombang). Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi petugas terkait dengan tujuan, serta konsep dan definisi pertanyaan di kuesioner (angket pertanyaan). Sebanyak 78 orang dilatih oleh seorang instruktur baik teori maupun praktek wawancara (role playing).

Setelah proses pelatihan baru dilaksanakan tahapan updating rumah tangga. Proses ini adalah proses pengecekan keberadaan daftar rumah tangga dalam wilayah sampel susenas (dikenal sebagai Blok Sensus). Setiap petugas akan berkeliling di sekitaran Blok Sensus dengan membawa daftar rumah tangga (yang diwakili nama kepala rumah tangga) dan peta untuk mengecek keberadaan rumah tangga kondisi terakhir. Pada proses updating ini tidak memerlukan proses yang lama pada masing-masing rumah tangga karena hanya mengecek keberadaan rumah tangga dari satu pintu ke pintu rumah yang lain (door to door). Seringkali juga pada proses ini petugas hanya bertanya di depan pintu saja dan tindak sampai masuk ke rumah.

Proses selanjutnya adalah pemilihan sampel. Sampel adalah sebagian rumah tangga (biasanya dalam satu blok sensus berjumlah sebanyak sepuluh) yang akan dilakukan wawancara lebih mendalam dengan kuesioner suatu survei. Setelah didapatkan sampe, maka tahap selanjutnya adalah wawancara pada sampel rumah tangga tersebut. Pada tahap Wawancaca inilah petugas memerlukan waktu yang lama sekitar dua jam untuk satu rumah tangga karena banyaknya jumlah pertanyaan yang ditanyakan.

Di bidang Statistik Sosial Susenas sering disebut sebagai “The Mother of Surveys” karena dapat menghasilkan banyak indikator penting. Selain angka kemiskinan, Susenas juga menghasilkan indikator seperti tingkat ketimpangan pendapatan (rasio gini), tingkat parsipasi sekolah, profil perumahan rumah tangga, derajat kesehatan penduduk dan sebagainya.

Kesuksesan Susenas terutama ditentukan oleh dua hal, pertama adalah kualitas petugas, dan kedua adalah kejujuran dan kerjasama rumah tangga sampel dalam menjawab pertanyaan. Semoga masyarakat semakin sadar untuk siap menerima kedatangan petugas Susenas sebagai bagian dari partisipasi masyarakat dalam ikut memberikan data yang benar kepada pemerintah sebagai acuan rumusan kebijakan pembangunan. (AJY/Sos3329)                             

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik