Dari SPTK, Sebahagia Apakah Kita? - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes

Bagi Pengguna Data untuk mendapatkan data BPS Kabupaten Brebes serta layanan konsultasi statistik lainnya secara langsung silakan kunjungi PST kami di Jl. MT. Haryono No. 74 Brebes - Jawa Tengah pada setiap hari kerja jam 08.00 s.d 15.30 WIB 

Untuk pelayanan secara online seperti akses data (tabel dan publikasi) dapat melalui website brebeskab.bps.go.id; untuk permintaan data dapat menghubungi email bps3329@bps.go.id atau nomor WA 0821-3033-3329. Untuk konsultasi statistik dapat mengakses silastik.bps.go.id

Sebagai upaya meningkatkan kualitas data dan pelayanan kami kepada Anda mohon mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) melalui link : https://s.bps.go.id/SKD2024_3329

Dari SPTK, Sebahagia Apakah Kita?

Dari SPTK, Sebahagia Apakah Kita?

17 September 2021 | Kegiatan Statistik


Dalam hidup, siapa sih yang tidak ingin Bahagia? Kebahagiaan sepertinya menjadi tujuan akhir bagi seseorang dalam melalui proses hidupnya. Sebenarnya apa sih definisi dari kebahagiaan itu? Kebahagiaan menurut KBBI adalah suatu keadaan pikiraan atau perasaan kesenangan ketentraman hidup secara lahir dan batin yang maknanya adalah untuk meningkatkan visi diri. Sedangkan dilihat dari perspektif psikologi, Seligman mendefinisikan kebahagiaan sebagai keadaan psikologis yang positif dimana sesorang memiliki emosi positif berupa kepuasan hidup, pikiran dan perasaan positif akan kehidupan yang dijalaninya.

Jika kita merujuk pada pembukaan UUD 1945, maka kita bisa ketahui bahwa salah satu tujuan dari pembentukan Pemerintah Negara Indonesia adalah untuk memajukan kesejahteraan umum (public well-being). Sehingga, pemerintah Indonesia memiliki tugas dan kewajiban untuk menjamin dan mendorong upaya peningkatan dan pencapaian kesejahteraan (well-being) bagi setiap warga negaranya.

Konsep kesejahteraan, sebagaimana dinyatakan oleh para pendiri negara Indonesia, tampaknya tidak hanya untuk menggambarkan kondisi kemakmuran material (welfare, being-well atau prosperity) tetapi juga mengarah kepada konsep kebahagiaan (happiness). Kebahagiaan memiliki makna dan cakupan yang tidak hanya terbatas pada kondisi kehidupan yang menyenangkan (pleasant life) dan kondisi kehidupan yang baik (being-well atau good life), tetapi juga pada kondisi kehidupan yang bermakna (meaningful life).

BPS sebagai lembaga dengan visi “Penyedian Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju” pada tahun 2021 ini menyelenggarakan Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang ketiga setelah sebelumnya dilakukan pada tahun 2014 dan 2017. Tujuan dari pelaksanaan SPTK 2021 secara umum adalah untuk mendapatkan informasi rinci tentang tingkat kebahagiaan yang diukur dengan berbagai variable objektif dan subjektif yang relevan.

Data yang dikumpulkan dalam SPTK 2021 merupakan informasi rinci tentang tingkat kebahagiaan yang diukur dengan berbagai variabel. Pendataan SPTK 2021 dikumpulkan melalui aplikasi CAPI (Computer-assisted Personal Interviewing). Pertanyaan yang dikumpulkan dalam SPTK dapat dikelompokkan menjadi lima bagian, yaitu: a. keterangan umum anggota rumah tangga dan keluarga; b. keterangan individu responden terpilih; c. Keterangan kehidupan responden mencakup: afeksi (perasaan), eudaimonia (makna hidup), dan evaluasi kehidupan; d. Keterangan perumahan dan asset rumah tangga; e. Keterangan perilaku responden terkait kepedulian lingkungan hidup.

Pelaksanaan pendataan SPTK 2021 di Kabupaten Brebes sendiri mengalami pengunduran jadwal dari rencana sebelumnya dikarenakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan Juli akibat pandemi covid-19, sehingga pendataan yang awalnya dijadwalkan pada bulan Juli, diundur menjadi tanggal 1 sampai dengan 16 Agustus 2021.

Pada SPTK 2021 jumlah sampel rumah tangga yang yang dicakup ada sebanyak 75.000 rumah tangga yang tersebar di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi seluruh Indonesia. Rumah tangga sampel dipilih dari 7.500 blok sensus yang merupakan sub sampel dari blok sensus Susenas Maret 2021, dan independen dengan sampel blok sensus Susenas September 2021. Untuk wilayah Kabupaten Brebes, jumlah sampel rumah tangga yang dicakup sebanyak 240 rumah tangga yang dipilih dari 24 blok sensus yang merupakan sub sampel dari blok sensus Susenas Maret 2021.

Data yang dihasilkan dari kegiatan ini hanya dapat disajikan pada tingkat nasional dan level bawahnya hanya sampai tingkat provinsi. Sehingga pendataan SPTK yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Brebes akan digunakan dalam menghasilkan Indeks Kebahagiaan di Provinsi Jawa Tengah bersama dengan seluruh kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

Pada SPTK sebelumnya, yaitu SPTK 2017 dihasilkan Indeks Kebahagiaan Jawa Tengah sebesar 70,92 pada skala 0-100. Indeks Kebahagiaan Jawa Tengah merupakan indeks komposit yang dihitung secara tertimbang menggunakan dimensi dan indikator dengan skala 0-100. Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kehidupan penduduk yang semakin bahagia. Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks menunjukkan bahwa penduduk semakin merasa tidak bahagia.

Tiga dimensi penyusun indeks Kebahagiaan yaitu kepuasan hidup (Life Satisfaction), perasaan (Affect), dan makna hidup (Eudaimonia). Kontribusi masing-masing dimensi terhadap Indeks Kebahagiaan Jawa Tengah adalah Kepuasan Hidup 34,80 persen, Perasaan (Affect) 31,18 persen, dan Makna Hidup (Eudaimonia) 34,02 persen. Sedangkan nilai indeks masing-masing dimensi Indeks Kebahagiaan adalah sebagai berikut, yaitu: (1) Indeks Dimensi Kepuasan Hidup sebesar 70,92; (2) Indeks Dimensi Perasaan (Affect) sebesar 70,45; dan (3) Indeks Dimensi Makna Hidup (Eudaimonia) sebesar 71,36. Dimana seluruh indeks diukur pada skala 0-100.

Selanjutnya dilihat dari status perkawinan, maka Indeks Kebahagiaan penduduk yang belum menikah cenderung lebih tinggi (71,33) dibandingkan dengan status perkawinan yang lain. Berdasarkan ketiga dimensi penyusun indeks kebahagiaan, masing-masing dimensi memiliki pola yang berbeda-beda. Pola yang sama terdapat pada Dimensi Makna Hidup (Eudaimonia), yaitu penduduk yang belum menikah memiliki indeks yang tertinggi dibandingkan dengan penduduk dengan status perkawinan yang lain. Sedangkan pada Dimensi Kepuasan Hidup dan Dimensi Perasaan (Affect) indeks yang paling tinggi terdapat pada penduduk yang berstatus menikah.

Jika dibandingkan dengan indeks Kebahagiaan nasional yang sebesar 70,69, maka indeks Kebahagiaan Jawa Tengah Sedikit lebih tinggi yaitu sebesar 70,92.

Data yang lebih lengkap terkait dengan Indeks Kebahagian Jawa Tengah Tahun 2017 bisa dilihat pada website jateng.bps.go.id dengan memilih menu Berita Resmi Statistik.

Sedangkan untuk data terbaru yaitu Indeks Kebahagiaan tahun 2021 akan dirilis pada November mendatang. Jika melihat kondisi yang masih di masa pandemi, tentunya membuat kita semakin penasaran dengan hasil dari pendataan SPTK tahun ini, apakah berpengaruh terhadap tingkat kebahagiaan penduduk atau sebaliknya? Dari SPTK, sebahagia apakah kita? (Naela_Sos3329)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Brebes(Statistics of Brebes Regency)Jl. MT Haryono No. 74

Brebes - Jawa Tengah

Indonesia

52212

Telp : (0283) 671168 Fax : (0283) 671168 Email : bps3329@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik